Menulis ringkasan berbasis mind mapping

Penulis

  • Ara Alamsah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Indihadi
  • Erwin Rahayu Saputra

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24037

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi belum digunakannya mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi peserta didik kelas V sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pre-eksperiment one group design pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dengan melibatkan 19 peserta didik kelas V di SDN Margajaya II. Pretest dilaksanakan pada pertemuan pertama dengan memperoleh hasil nilai rata-rata skor sebesar 11,37. Treatment dilaksanakan pada pertemuan kedua dan ketiga dengan menggunakan mind mapping. Posttest dilaknakan pada pertemuan keempat dengan memperoleh nilai rata-rata skor meningkat menjadi 23,63. Penelitian mendapatkan hasil bahwa mind mapping memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi dengan dibuktikan adanya peningkatan rata-rata skor pretest dengan posttest. Selain itu, dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menunjukan bahwa diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima yang menerangkan “ keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi  peserta didik kelas V sekolah dasar sesudah diberi perlakuan menggunakan mind mapping lebih baik daripada sebelum diberi perlakuan menggunakan mind mapping”.

Diterbitkan

2025-03-31

Terbitan

Bagian

Articles