Pengaruh model pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD

Penulis

  • Venny Peronica Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Prodi. Penjas Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24120

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 226 Palembang. Rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh model crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas V SD Negeri 226 Palembang?. Populasi penelitian 63 siswa kelas V.A dan V.B, sampel yaitu, 27 siswa kelas V.A. Metode penelitian yaitu, eksperimen dengan desain One Groub Pretest-Posttest design. Teknik pengumpulan data, observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ( Uji t ). Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran crossword puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 226 Palembang. Hal itu dapat dibuktikan dari nilai rata rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 54,44 dan setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran crossword puzzle, rata- rata hasil posttest meningkat menjadi 80,00 jadi peningkatan berdasarkan nilai pretest dan posstest sebesar 26,66., dan melalui pengujian hipotesis ( uji t ), nilai t = 17,556 dengan df = 27 dan angka sig atau p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V.

Kata Kunci: Model crossword puzzle, Pelajaran PKn, Hasil belajar.

 Abstract

The aim of the research was to determine the effect of the crossword puzzle model on student learning outcomes in the Class V PPKn subject at SD Negeri 226 Palembang. The formulation of the problem is whether there is an influence of the crossword puzzle model on student learning outcomes in the Class V PPKn subject at SD Negeri 226 Palembang. The research population was 63 students from class V.A and V.B. The sample was 27 students from class V.A. The research method is, experimentation with a One Group Pretest-Posttest design. Data collection techniques, observations and tests. Data analysis techniques are, normality test, homogeneity test and hypothesis test (t test). The results of research using the crossword puzzle learning model have an effect on student learning outcomes in class V Civics subjects at SD Negeri 226 Palembang. This can be proven from the average score of the pretest results for the experimental class which was 54.44 and after being treated using the crossword puzzle learning model, the average posttest result increased to 80.00, so the increase based on the pretest and posttest scores was 26.66, and through hypothesis testing (t test), the t value = 17.556 with df = 27 and a sig or p-value of 0.000 < 0.05, which means Ho is rejected. There is a significant influence between before and after being given the crossword puzzle learning model treatment on the learning outcomes of class V students.

Keywords: Crossword puzzle model, PPKn lessons, learning outcomes.

Diterbitkan

2025-03-31

Terbitan

Bagian

Articles