Analisis hambatan belajar siswa sekolah dasar pada pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar

Authors

  • Ade Siti Zulaekha Universitas Pendidikan Indonesia , Tasikmalaya, Indonesia
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa sulit bagi siswa untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan materi bangun ruang. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan.SDN Karanganyar kecaatan Kawalu Kota Tasikmalaya melakukan penelitian ini dengan melibatkan 18 siswa.Soal dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hambatan untuk pemahaman siswa tentang bangun ruang adalah sebagai berikut: siswa tidak memahami konsep bangun ruang, tidak memahami istilah-istilah yang ada dalam materi bangun ruang, dan tidak memahami bahasa yang digunakan dalam soal, bahkan jika soal diberikan dalam bahasa terbaru.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles