Penggunaan model problem based learning berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar

Authors

  • Rahmi Sintika IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia.
  • Wahyu Hidayat IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia.
  • Trisna Nugraha IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.24396

Abstract

Belum optimalnya kemampuan berpikir kritis siswa khususnya di SD melatar belakangi penelitian ini, sehingga untuk mengatasinya diperlukan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issue (SSI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Mekarsari. Model PBL berbasis SSI ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memecahkan masalah yang kaitannya dengan isu sosial. Penelitian ini menggunakan metode mix methode dengan jenis penelitian one group pretest dan posttest, yang sampelnya berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, dan observasi. Hasil data kuantitatif memperoleh n-gain skor sebesar 0.63 dengan interpretasi cukup efektif dan dikuatkan oleh uji Cohen Effect Size dengan perolehan hasil 2.91 artinya bahwa pengaruh model tersebut tergolong dalam kategori tinggi. Hasil data kualitatif berdasarkan angket kesulitan siswa yaitu sebagian kecil siswa sulit dalam menyimpulkan, menjelaskan permasalahan lebih rinci bersama kelompok, dan memahami materi secara kritis. Adapun hasil observasi dan wawancara kesulitan guru yaitu guru sulit mengkondisikan siswa secara kelompok ketika diberikan permasalahan isu sosial. Kesulitan siswa dan guru tersebut hanya sebagian kecil, sehingga dapat teratasi. Model ini diharapkan dapat menjadi variasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga pembelajaran menjadi bermakna.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles