Penerapan strategi pembelajaran diferensiasi meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV pada materi perubahan wujud benda

Authors

  • Dila Triyasmin Fauziah UPI Tasikmalaya
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Akhmad Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24528

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar yang memungkinkan peserta didik mempelajari materi sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan mereka. Hal ini bertujuan agar mereka tidak merasa gagal dalam pengalaman belajarnya (Mila Handiyani., 2022). Pembelajaran berdiferensiasi adalah upaya untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas agar memenuhi kebutuhan belajar individu setiap peserta didik. Tujuan penelitian ini untung meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS khususnya materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, yang mana tiap siklusnya dilaksanakan 1 pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Adapun teknik pengolahan data dilakukan dengan skoring dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I dan II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran diferensiasi berhasil dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles