Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
Vol. 8 No. 3 (2025)
Vol. 8 No. 3 (2025)
Published:
2025-05-30
Articles
Penggunaan metode SAS (struktural analitik sintetik) guna meningkatkan kemampuan membaca
Shela Oktavia,
Universitas Pakuan, Indonesia
Elly Sukmanasa,
Universitas Pakuan, Indonesia
Dendy Saeful Zen,
Universitas Pakuan, Indonesia
428-436
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26409
PDF
Pembelajaran daring materi perpindahan panas secara konduksi menggunakan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran
Yanti Krisnayanti,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Duhita Savira Wardani,
IKIP Siliwangi, Indonesia
437-443
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.8171
PDF
Pengaruh penggunaan media papan perkalian terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN Karangayar Gunung 02 Semarang
Aditya Reiza Putra,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Veryliana Purnamasari,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Nur Riskiyati,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
444-452
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24643
PDF
Penerapan strategi pembelajaran diferensiasi meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV pada materi perubahan wujud benda
Dila Triyasmin Fauziah,
UPI Tasikmalaya, Indonesia
Anggit Merliana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Akhmad Nugraha,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
453-470
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24528
PDF
Keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar
Astrian Sisma,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Ronny Mugara,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
Ryan Dwi Puspita,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
471-479
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.6293
PDF
Pengaruh permainan memorize card terhadap hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Penjas pada materi sepak bola
Muhamad Thoriq Assidiq,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Aam Ali Rahman,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Entan Saptani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
480-488
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.27138
PDF
Efektivitas model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pendidikan pancasila di sekolah dasar
Mujtaba Ahmad,
Universitas Muria Kudus, Indonesia
Khamdun Khamdun,
Universitas Muria Kudus, Indonesia
Ika Oktavianti,
Universitas Muria Kudus, Indonesia
489-500
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26476
PDF
Analisis instrumen penilaian keterampilan menulis teks narasi peserta didik sekolah dasar
Intan Yulianti,
Universitas Pendidikan Indonesiaintan, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
501-508
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24829
PDF
Analisis kebutuhan media pada pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan cacah di kelas IV SD
Yuliana Widi Maulita,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Karlimah Karlimah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ika Fitri Apriani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
509-517
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24625
PDF
Pembelajaran etnomatematika kerajinan anyaman mangkubumi, Tasikmalaya pada materi bangun ruang di kelas V sekolah dasar
Tesa Salsabila Santana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dindin Abdul Muiz Lidinillah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Resa Respati,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
518-527
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24622
PDF
Pengembangan bahan ajar interaktif e-modul letak geografis Indonesia berbasis android pada kelas V
Lisna Maulidia Sari,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Pidi Mohamad Setiadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Resa Respati,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
528-540
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24676
PDF
Respon peserta didik dalam menyelesaikan soal tes literasi sains bermuatan SDG’s tema zero hunger di sekolah dasar
Asri Akmaly Dini,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Pidi Mohamad Setiadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
541-549
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24657
PDF
Analisis struktur naratif dalam kemampuan menulis teks narasi siswa kelas V SD
Hasan Ali,
UNPER, Indonesia
Riga Zahara Nurani,
UNPER, Indonesia
Deni Chandra,
UNPER, Indonesia
550-555
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.27261
PDF
Penggunaan model pembelajaran two stay two stray (TS TS) dalam meningkatkan kemampuan pemecehan masalah IPAS kelas IV sekolah dasar
Siti Alifia Maulina,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Medita Ayu Wulandari,
IKIP SIliwangi, Indonesia
Uus Kuswendi,
IKIP SIliwangi, Indonesia
556-562
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.25275
PDF
Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon materi pecahan sederhana di kelas III sekolah dasar
Regina Regina,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dindin Abdul Muiz Lidinillah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Asep Nuryadin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
563-572
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24635
PDF
Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar kelas 1 di SDN Kalicari 01 Kota Semarang
Dyah Ratri Fionisa,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Sumarno Sumarno,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Nur Rofiatun,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Mei Fita Asri Untari,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
573-579
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.25117
PDF
Hubungan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen mahasiswa PGSD
Evi Susanti,
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi,
Trisna Nugraha,
Indonesia
580-586
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.27522
PDF
Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gaya dan gerak siswa kelas IV sekolah dasar
Regina Rizkiandini,
1,2,3 IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
Wahyu Hidayat,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
Yeni Hadianti,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
587-595
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.23317
PDF
Analisis kebutuhan pengembangan aplikasi mobile learning bermuatan SDG’s tema zero hunger di sekolah dasar
Fitri Nur Ramdaniyah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Asep Nuryadin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
596-602
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.25737
PDF
Implementasi P5 kurikulum merdeka sebagai pembentukan karakter beriman siswa di SMPN Satu Atap Cibitung Bekasi
Okta Rosfiani,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Elsa Ramadhanti,
universitas muhammadiyah jakarta, Indonesia
Azizah Lutfiyanti,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Zaidan Nur Heryawan,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Muhammad Sahlul Manal,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Cecep Maman Hermawan,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
603-613
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26388
PDF
Analisis kebutuhan modul digital bermuatan SDG’s tema zero hunger di sekolah dasar
Marsheila Aprida,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Pidi Mohamad Setiadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
614-622
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24662
PDF
Pembelajaran kooperatif jigsaw: sebuah peningkatan hasil belajar siswa kelas V untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika
Okta Rosfiani,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Rihlah Saiidah,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Julia Vikri Dwi Atmaja,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Vivi Komala,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Muhammad Roby Hakim,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Muhammad Ridho,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
623-630
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26449
PDF
Analisis kesulitan menulis huruf tegak bersambung pada siswa kelas II SDN 2 Kiarajangkung Kecamatan Sukahening
Ceri Kartika,
Mahasiswa, Indonesia
Cece Rakhmat,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Deni Chandra,
Universitas Perjuangan , Indonesia
631-636
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.22729
PDF
Peningkatan pemahaman konsep matematika materi pecahan senilai melalui model TGT kelas IV siswa sekolah dasar
Stenly Adinda Budiyanto,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Jan Wantoro,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
637-645
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.22821
PDF
Penguatan profil pelajar pancasila kelas 1 “aku cinta pancasila” melalui pendekatan project based learning berbasis media ular tangga digital
Feri Tirtoni,
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Ahmad Nurefendi Fradana,
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Ermawati Zulikhatin Nuroh,
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
646-655
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26688
PDF
Acredition
Accreditation Decree
No. 10/C/C3/DT.05.00/2025
Article Template 2025
ARTICLE TEMPLATE 2025
DOWNLOAD!