Pembelajaran etnomatematika kerajinan anyaman mangkubumi, Tasikmalaya pada materi bangun ruang di kelas V sekolah dasar

Authors

  • Tesa Salsabila Santana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24622

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurang optimalnya penggunaan bahan ajar dan kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Kurangnya minat peserta didik terhadap materi geometri bangun ruang pada mata pelajaran matematika, dan pendidik yang belum pernah menerapkan penggunaan lkpd etnomatematika dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) etnomatematika berbasis kerajinan anyaman Mangkubumi pada materi bangun ruang di kelas V SD dengan menggunakan Educational Design Research (EDR) model McKenney & Reeves (2018). Hasil pengembangan ini dirancang dengan memperhatikan syarat didaktik, syarat konstruktif, dan syarat teknis pada LKPD yang dilengkapi dengan tampilan warna dan gambar menarik dengan bantuan platform canva. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Sambongpari dengan hasil persentase respon peserta didik sebesar 91,9% dan respon pendidik sebesar 93,75% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik menunjukkan bahwa lkpd ini layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: Etnomatematika, Bangun Ruang, LKPD.

 

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles