Analisis kebutuhan media pada pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan cacah di kelas IV SD

Authors

  • Yuliana Widi Maulita Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ika Fitri Apriani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.24625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran dalam
pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan cacah di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis
dokumen. Subjek penelitian terdiri dari seorang guru kelas dan seluruh peserta didik kelas IV SDN 2
Katekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan saat ini belum
sepenuhnya memenuhi kebutuhan untuk pembelajaran yang efektif dalam materi perkalian dan
pembagian bilangan cacah. Beberapa faktor yang menjadi perhatian utama seperti kurangnya variasi
media yang tersedia, keterbatasan akses terhadap teknologi, dan keterbatasan dalam kreativitas
penerapan media pembelajaran. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya pengembangan media
pembelajaran yang lebih interaktif, visual, dan dapat mendukung pemahaman konsep matematis secara
lebih baik. Penerapan media yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta
memfasilitasi pemahaman konsep matematika dengan lebih baik dalam konteks perkalian dan pembagian
bilangan cacah di kelas IV SD. Penelitian ini memberikan perspektif tentang kebutuhan aktual dalam
pengembangan media pembelajaran matematika di tingkat SD, khususnya dalam topik perkalian dan
pembagian bilangan cacah yang dapat menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum dan strategi
pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles