Penerapan model survey, question, read, recite, review (SQ3R) berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.24903Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pembelajaran menggunakan model SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Metode dalam penelitian ini adalah metode Mixed Method dengan desain Sequential Explanatory. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SD Negeri Cipada yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuantitatif dalam bentuk test (pretetst-posttest) dan teknik kualitatif berupa observasi, lembar angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Sebelum menggunakan model SQ3R nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57 dan setelah menggunakan model ini meningkat menjadi 84. hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model SQ3R. Berdasarkan hasil analisis uji N-gain, menunjukan peningkatan pembelajaran siswa dalam kemampuan membaca pemahaman, yaitu dapat dilihat dari hasil N-Gain yaitu 0,6751 termasuk kategori sedang dan untuk presentasi efektivitasnya mencapai 56,77% termasuk kriteria cukup efektif. Maka hasil dari penelitian ini menyatakan, bahwa model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.
Kata kunci : Model pembelajaran SQ3R, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.