Media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas 2B SD Inpres Perumnas
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.26271Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam proses belajar mengajar media pembelajaran mempunyai peranan penting bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila menggunakan media pop up book. Penelitian dilakukan di SD Inpres Perumnas Kota Palu. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 2B yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Deskriptif Kuantitatif. Hasil yang didapatkan dari penerapan media pop-up book dalam meningkatan hasil belajar memiliki peningkatan yang signifikan. Sebelum menggunakan media pop-up book ketuntasan belajar siswa pada hasil Pre-Test sebesar 50%, setelah dilakukannya tindakan dengan mengunakan media pop Up-Book ketuntasan belajar siklus I meningkat sebersar 10% dari prasiklus menjadi 60%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus II telah mencapai KKM pada mata pelajaran pancasila dengan ketuntasan hasil belajar siswa yang didapatkan sebesar 80%.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.