Efektivitas model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pendidikan pancasila di sekolah dasar

Authors

  • Mujtaba Ahmad Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Khamdun Universitas Muria Kudus
  • Ika Oktavianti Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26476

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Pendidikan Pancasila kelas V di SD 3 Jurang Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan di kelas V SD 3 Jurang dengan subjek penelitian 23 siswa yang berlangsung pada 2 pertemuan dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 3 Jurang sebelum dan sesudah diterapkanya model Scramble berbantuan media audio visual. Hal ini ditunjukkan oleh hasil SPSS uji paired sample t-test dari nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya sig > 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Model scramble berbantuan media audio visual efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pendidikan Pancasila kelas V (terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan model scramble berbantuan media audio visual) serta hasil one sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,341 artinya sig > 0,05 maka Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen tidak sama dengan 78. Kesimpulannya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 3 Jurang sebelum dan sesudah diterapkanya model Scramble berbantuan media audio visual.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Media Audio Visual, Model Scramble

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles