Penguatan profil pelajar pancasila kelas 1 “aku cinta pancasila” melalui pendekatan project based learning berbasis media ular tangga digital
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.26688Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar melalui pendekatan Project Based Learning (PjBL) berbasis media ular tangga digital. Fokus penelitian ini adalah pada tema “Aku Cinta Pancasila” yang dirancang untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini secara kreatif dan interaktif. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus dengan melibatkan siswa kelas 1 SDN Sidokare 1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan PjBL berbasis media ular tangga digital dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, cinta tanah air, dan toleransi. Aktivitas pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa untuk berkolaborasi, berpikir kritis, dan menyelesaikan tugas dengan kreatif melalui media digital yang menarik. Selain itu, penggunaan media ular tangga digital memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan anak-anak generasi digital. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan PjBL berbasis media ular tangga digital merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk memperkuat profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas 1 SD. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran digital lainnya untuk mendukung penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan dasar.
Kata kunci: Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning, Media Ular Tangga Digital
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feri Tirtoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.