PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI KELAS III SD NEGERI 2 CISANDAWUT

Authors

  • Ambar Maharani Maharani PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i1.3792

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis di kelas III. Berdasarkan pada pengalaman mengajar dimana masih rendahnya daya serap peserta didik dalam memahami suatu, penulis merasa perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonrandomized pretest-postest kontrol group design, dengan populasi penelitian adalah 60 siswa SD Negeri Saapan Kecamatan Sindangkerta tahun ajaran 2019/2020, sampel penelitian ini adalah kelas III SDN 2 Cisandawut dengan 30 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 30 B sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan matematis siswa kelas III SD Negeri 2 Cisandawut Bandung Barat yang pembelajarannya menggunakan metode Problem Based Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa (Contextual Teaching and Learning). Instrument pengumpulan data adalah test kemampuan pemahaman siswa dan lembar observasi, data di analisis dengan metode statistik parametrik dan non parametrik test. Kemudian data disajikan dalam bentuk kuantitatif deskriptip, dari hasil analisis data diperoleh perbedaan rata-rata N-Gain skor data tes kemampuan pemahaman antara kelas Eksperimen dan kelas kontrol, diketahui bahwa skor N-Gain kelas Eksperimen sebesar ,047 yang tergolong kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,47 dan masih tergolong kategori rendah . Kendati dengan ketegori yang sama namun bila dilihat dari hasil uji statistik data pretes dan postest didapat selisih mean kelas eksperimen adalah 31,92 sedangkan kenaikan pada kelas kontrol adalah 28,88. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran melalui Problem Based Learning memberi pengaruh lebih besar daripada dengan Pembelajaran Konvensional.

Kata Kunci: Pemahaman Matematis , Problem Based Learning, Sekolah Dasar.

References

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Hardiyansyah, C. (2015) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Cimahi. Tidak diterbitkan.

Kemendikbud. (2013). Konsep Pendekatan Scientific.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Student for School Mathematic Reston.VA.Malang.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tasito

Downloads

Published

2020-03-18

Issue

Section

Articles