MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM

Authors

  • Suci Antarini Suci IKIP Siliwangi
  • Deri Fadly Pratama IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i1.3793

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode saintifik pada pembelajaran praktikum dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode observasi yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini di SDN Jayagiri Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat dengan sampel penelitian di kelas IV dengan jumlah sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan untuk membandingkan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode saintifik pada pembelajaran praktikum sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 30 siswa. Sebelum melakukan treatmen, kedua kelas tersebut diberi soal pretes, setelah itu, guru memberikan pembelajaran pada kedua kelas tersebut selama 8 kali pertemuan. Diakhir pertemuan siswa diberi soal postes untuk mengetahui hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain dengan perhitungan menggunakan SPSS 23 bahwa rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 0,62 dan rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 0,38. Data tersebut menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol artinya ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen dibanding kelas kontrol.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Metode Saintifik, Pembelajaran Praktikum.

References

Maryani, Ika dan Fatmawati Laila. 2018. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Deepublish.

Lazim. M. 2013. Penerapan pendekatan saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. [Online] Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=IspJDwAAQBAJ&pg=PA508&dq=m.+lazim+metode+saintifik&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj47OuSrK3kAhXJo48KHU0jDb0Q6AEIKTAA#v=onepage&q=m.%20lazim%20metode%20saintifik&f=false.

Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia

Nurdyansyah, Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya : Kata Pena.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Interes Media.

Windyariani, Sistiana. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas (Strategi Untuk Membelajarkan Sains di Abad 21). Sleman : Penerbit Deepublish).

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sinar. 2018. Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman : Penerbit Deepublish.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan:Teori , Aplikasi. Bandung : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Subana, Dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Prasetyo, Bambang. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nurkencana, Wayan, Sumartana. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Downloads

Published

2020-03-18

Issue

Section

Articles