MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SD KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Authors

  • Andri Setiawan IKIP SILIWANGI
  • Rusyani N Kusmawanti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Deri Fadly Pratama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Uus Kuswendi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i1.3794

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan mendasar, dalam hal ini Pendidikan Formal, mempunyai peran strategis dalam sebuah proses pembinaan, warga negara yang memiliki pemahaman dan kesadaran akan pelestarian nilai sosial sudah  tentu memiliki ketangguhan,keuletan untuk mempertahankan integritas, kelangsungan hidup bangsa, untuk mencapai tujuan nasionalnya. Agar Memiliki  pemahaman,,kesadaran serta integritas kebangsaan maka sebagai wujudnya  dituangkan dalam  sebuah bentuk   konsep IPS.

Saat ini ada kecenderungan wawasan pemahaman kebangsaan semakin menurun apalagi dengan lahirnya  era globalisasi,  teknologi yang semakin maju menciptakan kecenderungan hidup individualis, dibutuhkan sebuah pembaharuan, tak terkecuali di bidang pendidikan, dengan menjalankan perkembangan model-model baru  bidang pendidikan.

Upaya tersebut di praktikan dalam sebuah penelitian. Penelitian dengan menggunakan metode  Quasi Eksperimen atau Eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri  ABDI NEGARA. Populasi penelitian ini sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tentang hasil belajar. Teknik analisis statistik data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan rerata kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental) merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel dengan cara memberikan perlakuan terhadap obyek penelitian dan  kontrol terhadap variabel tertentu. Ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match  terhadap hasil belajar. Hasil uji statistik menunjukan peningkatan hasil belajar seluruh  siswa subjek  penelitian.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Quasi Eksperimen, Model kooperatif tipe make a match,

References

Curran, Lorna. 1994. Model Pembelajaran make a match. www.wordpress.com, pembelajaran

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Isjoni. (2010). Cooperative learning. Bandung : Alfabeta

Nafiur Rofiq, M. (2010). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal: Jurnal Falasifa, 1 (1), hlm.3.

Nugraha, AP. (2016). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Meneladani Patriotisme Pahlawan. Jurnal: Pedadidktika, 3(1), hlm. 95.

Rahmawati, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Nilai Kerjasama dan Hasil Belajar Kognitif Kimia Kelas X SMAN 1 Bambanglipuro Bantul. Jurnal: Jurnal Kaunia, 10 (2), hlm 130.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo

------. (2012). Model-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta :Rineka Cipta

Solihatin, Etin dan Raharjo. (2011). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada media Group. Jakarta.

Downloads

Published

2020-03-18

Issue

Section

Articles