PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratna Kusminar SD Negeri Cihanjuang 2, Parongpong

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i1.3802

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh model picture and picture Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.Berdasarkan pada pengalaman mengajar penulis dimana kurangnya minat baca siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas satu, penulis merasa perlu adanya model pembelajaran yang mampu memberikan pengaruh untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Nonrandomized pretest-posttes kontrol group design., dengan populasi penelitian adalah 200 siswa SD Negeri Cihanjuang 2 Kecamatan parongpong tahun ajaran 2018/2019, sampel penelitian ini adalah kelas satu SDN Cihanjuang 2 dengan 30 siswa kelas 1A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas 1B sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model picture and picture dapat meningkatkan minat baca siswa kelas satu sekolah dasar negeri Cihanjuang 2 kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Instrumen pengumpulan data adalah test kemampuan membaca permulaan dan lembar observasi, data di analisis dengan metode statistik parametik dan non parametik test. Kemudian data disajikan dalam bentuk kuantitatif deskriptip, dari hasil analisis data diperoleh perbedaan rata-rata N-Gain skor data tes kemampuan membaca permulaan antara kelas Eksperimen dan kelas kontrol, diketahui bahwa skor N-Gain kelas Eksperimen sebesar 3.41 yang tergolong kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 1.83 dan masih tergolong kategori rendah. Kendati dengan kategori yang sama namun bila di lihat dari hasil uji statistik data pretes dan postest didapat selisih mean kelas ekspeimen adalah 41,3 sedangkan kenaikan pada kelas kontrol adalah 19,7, Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan model picture and picture memberi pengaruh lebih besar dari pada metode konvensional.

 

Kata kunci: Membaca Permulaan, Picture And Picture, Sekolah Dasar.

References

Ben S., G. (2011). Budaya Baca Orang Indonesia Masih Rendah. Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Esther, K. (2004). Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur (Nomor 03 tahun III). Hlm. 113-128.

Karyono, H. (2007). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Usia Dini. Jurnal Perpustakaan Sekolah, No.2, Tahun Ke-1.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Disekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-03-18

Issue

Section

Articles