PENGUNAAN MEDIA MAINAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI PERPINDAHAN ZAT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RANCAMALANG 02 KECAMATAN MARGAASIH KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Eneng Maryati SDN Randamalang 02, Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i1.3803

Abstract

Abstrak

Dalam pemahaman dan kemampuan menjadi masalah bagi siswa kelas IV SDN Randamalang 02, Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung ditemukan perolehan nilai dalam satu klas dari 10 siswa yang memperoleh nilai 60 keatas hanya 4 orang siswa, sedangkan siswa yang lainnya hanya mendapat 50 kebawah. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas untuk menaikan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA tentang pemindahan zat. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dimana siswa mempraktekan bagaimana bunyi dapat merambat pada zat padat, pada penelitian ini peneliti menggunakan alat peraga berupa media mainan yaitu bagaimana siswa diajak untuk membuat alat telepon dari bahan sederhana dan digunakan untuk mengetahui bagaimana bunyi dapat merambat menjadi zat padat. Penelitian dilakukan di SDN Rancamalang 02 kelas IV karena peneliti mengajar di kelas tersebut. Dari hasil penelitian melakukan tindakan diperoleh hasil yaitu peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA dari 10 siswa siklus 1 dari 4 siswa menjadi 9 siswa yang nilainya di atas 60, sedangkan pada siklus 2 dari tindakan yang dilakukan diperoleh hasil dari 9 siswa meningkat menjadi 18 siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa penelitian tindakan yang dilakukan sudah dianggap berhasil. Penggunaan media sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembeajaran sangat disarankan bagi setiap pelaku pendidikan terutama guru sekolah dasar untuk memanfaatkan media atau sarana yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci: Media Mainan, Demonstrasi.

 

References

Badudu dan Zaen, (1996). Kamus besar ilmu pengetahuan alam.. Jakarta: Balai Pustaka.

Bloom et al. (1956). Taxonomy of Educational Objektives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Dimyati dan Mujiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Taopik, H. (2004). Titian Mahir Matematika 4 SD. Jakarta: Visindo.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Cucu,K. (2000). Strategi Belajar Tuntas. Bandung: MEDIA IMTAQ.

Hera, L. dkk, (2007). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ngalim, P. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Rosda Karya.

Standar isi KTSP SD, (2006). Jakarta: Pusat kurikulum Nasional.

Sumina, dkk. (2007). Aku Gemar Berilmu Pengetahuan Alam Untuk SD. Depok: ARYA DUTA.

TIM FKIP, (2012). Pemantapan Kemampuan profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardahni, I, dkk. (2007). Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Udin, W. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-03-18

Issue

Section

Articles