PEMBELAJARAN MENULIS PROSA SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Lia Nurwianti IKIP Siliwangi
  • Lia Nurwianti
  • Agni Muftianti

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4766

Abstract

1. Dari data di atas dapat kita ketahui bahwa skenario pembelajaran menulis prosa sederhana pada siswa SD kelas V dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan siswa yang signifikan. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari jumlah hasil pretest 56.4% dengan kategori kurang baik pada tahap observasi awal menjadi 85.4% pada hasil posttest dengan kategori sangat baik.

2. Berdasarkan angket guru dan siswa yang sudah dirumuskan oleh peneliti, guru memberikan reaksi bahwa peneliti mengajar materi menulis prosa sederhana menggunakan pendekatan CTL sangat baik dan sesuai dengan tahapan dan alokasi waktunya. Selain itu juga peneliti juga kreatif dan cocok menggunakan metode CTL pada materi menulis prosa sederhana. Peneliti dapat memfasilitasi siswa dalam pembelajaran menulis prosa sederhana. Sedangkan dari siswa sebagian besar menyatakan pendekatan CTL sangat menyenangkan dan menarik karena siswa dapat belajar menulis prosa (karangan) sederhana berdasarkan pengalaman atau peristiwa yang dialami siswa dalam kehidupannya, juga siswa mampu memahami komponen apa saja yang harus ada dalam prosa sederhana yang ditulisnya.

3.  Hasil wawancara terhadap siswa untuk mengetahui kesulitan-kesulitan menyelesaikan tugas dalam pembelajaran keterampilan menulis prosa sederhana dengan mengaplikasikan pendekatan CTL dapat diketahui hasilnya bahwa siswa adakalanya susah untuk membedakan antara tema dan judul prosa. Sehingga guru memberikan solusi dengan menjelaskan kembali perbedaan antara tema dan judul prosa. Adapun dari hasil keseluruhan sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan selama pembelajaran dilakukan dengan pendekatan CTL ini. Bahkan siswa menjadi senang dalam belajar menulis prosa sederhana menggunakan pendekatan CTL.

      Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa data hasil penelitian menggambarkan bahwa pembelajaran berbasis pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) berdampak sangat positif dalam meningkatkan keterampilan menulis prosa sederhana pada siswa SD kelas V (lima).

 

References

Diniyati M, Kosmajadi E, Rodiyana R. PENTINGNYA MODEL CONTEXTUAL TECHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI. InSeminar Nasional Pendidikan 2019 Oct 22 (pp. 939-946). Diakses pada 08-04-2020 pukul 11.14

Dirfantara,Hairuddin, Kartika,Digna Radmila. (2017). HAKIKAT PROSA DAN UNSUR-UNSUR CERITA FIKSI Fakultas sastra, Universitas Muslim Indonesia. Diakses pada 17-01-2020 pukul 04.10

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi.

Bandung: PT Refika Aditama.

Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 11–27. Diakses pada 08-06-2020 pukul 11.20

Ramadhanti, Dina. 2018. Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles