HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 195 ISOLA KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5577Abstract
Abstract
This research was motivated by the low number of students completing the minimum skills in mathematics. This research also was motivated by the students’ below average achievements, which could be affected by the way teachers teach mathematics, who tend to only teach basic skills, such as standard addition, subtraction and remembering mathematical formulas which are very abstract, whereas primary school students have concrete mindset. Therefore, I believe that by using the Realistic Mathematics Education (RME) approach could help students to expand and explore their concrete mindset. The method that I will be using for my research is qualitative descriptive. The subjects for this research are grade 4 students of SD Negeri 195 Isola, Bandung. These students are from grade 4A consisting of 17 male students and 24 female students. The data are collected using various methods, including interviews, observations, teaching and learning documentation, tests and surveys. Based on the data collected, there are few improvements of students’ results on measuring rectangle’s area and perimeter.
Â
Keyword: Students’ results, Realistic Mathematics Education
Â
Â
Abstrak
Â
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya ketuntasan minimal mata pelajaran matematika, yang dipengaruhi oleh nilai rata-rata matematika peserta didik yang masih rendah, hal ini dapat terjadi karena pembelajaran matematika selama ini cenderung hanya berupa menghitung angka-angka dan menghafal rumus-rumus, serta bersifat abstrak. Padahal peserta didik yang masih duduk di tingkat Sekolah Dasar pola berpikirnya masih bersifat konkrit. Maka dari itu Peneliti mencoba menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika yang dapat membawa peserta didik ke hal yang bersifat konkrit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung kelas IV A sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 24 siswa,  perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, lembar observasi, pedoman tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatah hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 195 Isola pada pembelajaran matematika dengan materi keliling dan luas persegi panjang.
Â
Kata Kunci: Â Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Realistik
References
Aditya, A. (2014). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk
Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPIT Ruhama Depok.
Anonim. http://makalahdanskripsi.blogspot.com/2010/08/pembelajran-
matematika-realistik-rme.html. Diakses pada hari Rabu tanggal
Mei 2012 pukul 11.10.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
RinekaCipta.
Darmawan, I.P.A. (2013) Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S.
Bloom
Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Jakarta
Lestari, R.A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Centered
Learning (PCL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Produktive Dispottuin dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Skripsi Unpas Bandung Tidak diterbitkan.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif
Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Puspa, V. (2014). “Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Sederhana untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswaâ€.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.
Alfabeta.
Spradley, P. James.(1980). Participant Observation. Florida: Holt, Rinehart
and Winston.
Sudjana, N. (2013). Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: CV. Alfabeta.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif
Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta; Graha Ilmu