PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP (WA) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENYAJIKAN RINGKASAN TEKS EKSPLANASI DI KELAS 5 SD DALAM MASA PANDEMI COVID 19

Verawati Harahap(1*), Deden Herdiana Altaftazani(2)

(1) IKIP Siliwangi
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


In online learning there are problems including problems with teachers, students, and parents of students. The objectives of this study include knowing the online learning scenario using the WhatsApp (WA) application, knowing the difficulties and obstacles faced by teachers and students, knowing the responses of teachers and students, knowing the teaching materials, lks, and assignments given, knowing what efforts the teacher should do so that online learning using the WhatsApp (WA) application can run more effectively. The WhatsApp (WA) application is a social media application for communicating, users can receive and send messages, photos, videos and files. During the Covid 19 pandemic, the WhatsApp (WA) application is very suitable for use in online learning. The subjects of this study were 12 grade students from 2 schools. The first school is at SDN 065 Cihampelas in Bandung City and the second is at SDN 031 Pelesiran Kota Bandung. The results of the problems found in online-based learning on explanatory text learning materials, students find it difficult to consult with the teacher, because the explanatory text requires clear explanations to find out the parts of the structure and the kinds of linguistic rules contained in the explanatory text. The conclusion of the success of this online learning requires full help and support from parents. The solution that can be done with online learning is collaboration between teachers, parents, and students.


keywords: online learningusing the WhatsApp (WA) application, presents a summary of the explanatory text


Full Text:

PDF

References


Agarini, A. 2016. Pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media card problem pada peserta didik kelas xi sma kartika xix - 1 bandung tahun pelajaran 2015/2016. Bandung: Universitas Pasundan Bandung

Amalia, Anita Firlie. 2019. Pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping pada peserta didik kelas vii SMP Negeri 25 Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Arjana, A. 2010. Pembuatan aplikasi pembelajaran online (e-learning) untuk sekolah menengah dan sederajat. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Darmalaksana, W., dkk. 2020. Analisis pembelajaran onlinemasa wfh pandemic covid-19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21. Bandung:UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmawan, Endang. 2018. Pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan menggunakan strategi double entry journal dengan media video pada peserta didik kelas xi SMA Pasundan 2 Kota Cimahi tahun pelajaran 2017/2018. Bandung: Universitas Pandung Bandung.

Irawan, dkk. 2015. Analisa dan perancangan sistem pembelajaran online (e-learning) pada smk mambaul falah kudus. Kudus: Universitas Muria Kudus

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Tentang Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis teks (analisis fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah penulisannya). Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2015. Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013) . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mufidah, R. 2019. Pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber dengan menggunakan metode generatif pada peserta didik kelas viii smp pasundan 3 bandung tahun pelajaran 2019/2020. Bandung: Universitas Pasundan Bandung

Mulyadi, Y. 2006. Intisari tata bahasa indonesia untuk SMP dan SMA. Bandung: Yrama Widya.

Nuryanti. 2017. Pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks berfokus pada identifikasi fenomena sosial menggunakan model problem based learning pada siswa kelas xi sma pgri 1 bandung tahun pelajaran 2016/2017. Bandung: Universitas Pasundan Bandung

Priyatni. E.T. 2014. Desain pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Pujilestari, Y. 2020. Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan indonesia pasca pandemi covid-19. Pamulang: Universitas Pamulang

Purwanto, A. dkk. 2020. Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Raharja, U., dkk. 2019. Motivasi belajar mahasiswa terhadap metode pembelajaran online e-learning+ pada perguruan tinggi. Tangerang: Universitas Raharja

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriadie, D & Darmawan D. 2013. Komunikasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilo, P.H., dkk. 2019. Efektivitas sistem pembelajaran online sebagai media pembelajaran berbasis aplikasi web di era milenial. Lamongan: Universitas Islam Lamongan

Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5589

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats