MENGHADIRKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DENGAN METODE HANDS OF ACTIVITY

Ike Yuliana(1*), Nelis Supriati(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas II dengan menggunakan metode Hands of Activity. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Al-Ihsan Islamic School dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang bangun datar, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya metode Hands of Activity. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 83,40 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesarĀ  97 dan nilai terendah sebesar 62. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,7% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

Keywords


Pemahaman Matematika, Hand of Activity

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Antonius Cahaya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik: Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djazuli, A. 1999. Kebijakan Strategi Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Matimatika.

Hamzah. 2007 Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhsetyo Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Dirjen Dikti:

Departemen Pendidikan Nasional.

Wena, Made. (2012). Straregi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5597

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats