Pembelajaran online mata pelajaran bahasa indonesia pada materi cerita fiksi dongeng Siswa kelas IV Sd dalam masa pandemik covid-19

Authors

  • Brigita Nuki Indriani IKIP Siliwangi, Indonesia
  • Ruli Setiyadi IKIP Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.5934

Keywords:

Pembelajaran Online, Bahasa Indonesia, Cerita Fiksi Dongeng.

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran cerita fiksi siswa kelas IV di SD Makedonia dan SDN Cibabat 4. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 guru dan 24 siswa yang terbagi menjadi 4 siswa dengan kemampuan tinggi, 4 siswa dengan kemampuan sedang dan 4 siswa dengan kemampuan rendah. Siswa tersebut berasal dari dua sekolah yang berbeda yang pertama dari SD Makedonia dan yang kedua dari SDN Cibabat 4. instrument yang digunakan yaitu lembar wawancara dan lembar angket. hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran online yang dilakukan ke dua sd tersebut adalah berhasil.

 

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Allen, Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Ardiansyah, H (2013). PengaruhPenerapanMetodePembelajaran Brainstorming dan Problem Based Instruction Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik.Skripsi FPEB UPI. Bandung: TidakDiterbitkan.

Burhan, N. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.

Djuanda, D. (2006). Pembelajaran Bahasa yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Dirjen Dikti.

Hairuddin, D., & Radmila, K. D. (2017). Hakikat Prosa dan Unsur-unsur Cerita Fiksi. Jurnal Bahasa, 1(1), 1–6.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles