Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca intensif siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.6255Kata Kunci:
Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Membaca Intensif, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca intensif siswa sekolah dasar karena metode pembejaran masih konvensional oleh pendidik sehingga tidak ada aktifitas siswa aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa sekolah dasar melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Adapun definisi dari membaca intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan secara cermat dan teliti terhadap teks yang dibaca, membaca intensif dapat diterapkan dalam upaya mencari informasi yang bersifat detail. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara teoritis artikel-artikel terkait membaca intensif di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur terhadap lima artikel yang publish di Jurnal Nasional. Hasil kajian ini terdapat peningkatan dengan rata-rata persentase siklus I yaitu 65% dan siklus II yaitu 91%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kemampuan membaca intensif menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sangat cocok untuk di terapkan kepada siswa sekolah dasar karena mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 26%.
Referensi
Adawiyah, H., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition ( CIRC ) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. 3(2), 233–247.
Belajar, H., & Indonesia, B. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ). 1, 55–68.
Indonesia, B., & Sekolah, D. I. (2016). No Title. 1(1), 56–66.
Kelas, S., Sd, V. I., & Tinggi, T. (2019). SEJ (School Education Journal) Vol. 9 No.1 Juni 2019. 9(1), 86–93.
Ketut, N., Tristiantari, D., & Sumantri, I. M. (2017). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING COMPOSITION BERPOLA LESSON STUDY MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS. 5(2), 203–211.
Mursalin, N. R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model CIRC Pada Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 31–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i1.1313
Rima, L., Program, J., Pendidikan, S., Indonesia, S., Perhatian, P., & Menulis, D. A. N. K. (n.d.). Daftar Isi.
Sari, Ika Purnama, St. Y. Slamet, P. R. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF Ika Purnama Sari 1) , St. Y. Slamet 2) , Peduk Rintayati 3). Jurnal Didaktika Dwija Indria ISSN 2337-8786, Vol 1(No 5), 1–7.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.