Pembelajaran daring materi ayo cintai lingkungan pada siswa sekolah dasar kelas IV dengan menggunakan metode bercerita berbantuan media whatsapp

Authors

  • Nunik Rahmatyana PGSD IKIP Siliwangi
  • Asep Samsudin PGSD IKIP Siliwangi
  • Linda Hania Fasha PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.7349

Keywords:

Pembelajaran daring, materi ayo cintai lingkungan, metode bercerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran daring materi ayo cintai lingkungan siswa Sekolah Dasar Kelas IV dengan menggunakan metode bercerita berbantuan media Whatsapp. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah Pembelajaran RPP (Rencana Pelaksanaan), bahan ajar berupa video pembelajaran, angkat siswa dan angket guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario dan implementasi yang telah dilaksanakan guru sudah sesuai dengan kegiatan pembelajaran, respon guru dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan hal yang positif, kesulitan siswa dalam penyelesaian tugas salah satunya sulit dalam berbicara dengan lantang serta ekspresi dalam bercerita, kendala yang dihadapi oleh guru terhadap pembelajaran daring yaitu dari segi jaringan. RPP yang digunakan sudah baik dan sesuai dengan pembelajaran daring serta metode yang digunakan menarik bagi siswa dan bisa dipahami dengan mudah oleh siswa.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.

Puldri, M. A. F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Bercerita Di Sd N 07 Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 61-86.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).

Putra, I, Made. (2020). Kurang Efektifnya Pembelajaran Daring/E-Learning. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sanjaya, A. (2014). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).

Sembel, D. T. (2015). Toksikologi lingkungan. Penerbit Andi.

Sugiharti, R. E., & Wulandari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Va Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Ad-Damawiyah Cibitung. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 5(2), 1-12.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA WHATSAPP PENGARUHNYA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211

Wahidah, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD INP Tanetea kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 148-156.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61-68.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles