Aplikasi Android Pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Mozaik, Kolase, Dan Montase Di Kelas IV Sekolah Dasar

Arip Nurohmat, Rosarina Giyartini, Ahmad Mulyadiprana

Abstract


Abstract

 

Knowing the needs of elementary school teachers by using the resulting product in the form of an android application to learn the differences between mosaics, collages, and montages is the goal of this research. The method used is Design Based Research (DBR), chosen because it has the aim of designing an android application for learning the fine arts of mosaic, collage, and montage materials in grade IV elementary school. The results show that teachers do not understand the difference between mosaics, collages, and montages. Through android-based applications that are made, teachers can better understand the differences between mosaics, collages, and montages anytime and anywhere because they contain understanding, materials, photos, and making videos. The final result obtained is that the android application for learning the art of mosaic, collage, and montage material can be a source of reference in carrying out learning for teachers.

 

Abstrak

Mengetahui kebutuhan guru sekolah dasar dengan menggunakan produk yang dihasilkan berupa aplikasi android untuk mempelajari perbedaan mozaik, kolase, dan montase adalah tujuan dari penelititian ini. Metode yang digunakan adalah Design Based Research (DBR), dipilih karena mempunyai tujuan untuk merancang aplikasi android pada pembelajaran seni rupa materi mozaik, kolase, dan montase di kelas IV sekolah dasar. Hasil menunjukkan bahwa guru kurang memahami perbedaan antara mozaik, kolase, dan montase. Melalui aplikasi berbasis android yang dibuat, guru bisa lebih memahami perbedaan antara mozaik, kolase, dan montase kapan saja dan dimana saja karena di dalamnya terdapat pengertian, bahan-bahan, foto, dan video pembuatan. Hasil akhir yang didapat yakni aplikasi android pada pembelajaran seni rupa materi mozaik, kolase, dan montase bisa menjadi sumber referensi dalam melaksanakan pembelajaran bagi guru.


Keywords


Aplikasi, DBR, Seni Rupa

Full Text:

PDF

References


Ajeng Fitria, G. H. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING UNTUK PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT. 8(2), 134-145. https://doi.org/10.17977/um031v8i22021p134

Barab, S & Squire, K. (2004). Design-Based Research : Putting a Stake in the Ground. Journal of the Learning Sciences, 1-16. doi:http://dx.doi.org/10.1207/s15327809jls1301_1.

Creswell, John. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, Deni. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erri Wahyu Puspitarini, D. W. P. A. P. N. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7

Harni & Yunisrul. (2018). Pelatihan ketrampilan berkarya seni kolase, mozaik, dan montase untuk guru sd. 1–5.

Herrington, J., McKenney, S., Reeves, T., & Oliver, R. (2007). Design-based research and doctoral students: Guidelines for preparing a dissertation proposal. World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications, 4089–4097.

Hidayat, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Pelaksanaan Supervisi. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 20(1), 1–7. http://www.irpp.com/index.php/didaktikum/article/view/1078/371371574

Husen, W. R. (2017). Pengembangan Apresiasi Seni Rupa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Kritik Seni Pedagogik. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.100

I. Maulani, Drs. Muhajir, M. S. (2018). (Eksistensi, Proses Pembelajaran, Tema, Pewarnaan dan Lukisan anak Berdasarkan Teori Victor Lowenfeld ). 06.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen berkelanjutan. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Intendia, F. (2016). Model Pelatihan Kreativitas Vokal Bertema untuk Anak Usia Dini di Purwa Caraka Music Studio Bangbarung Bogor. Jurnal Pendidikan, 76-94.

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33

Keengwe, J., & Bhargava, M. (2014). Mobile Learning And Integration Of Mobile Technologies In Education. Education and Information Technologies, 19(4), 737–746. https://doi.org/10.1007/s10639-013-9250-3

Miles, N. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebooks, Edition 3. USA : SAGE Publication,Inc.

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi PembelajaranEfektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(01), 1–14. https://media.neliti.com/media/publications/196924-ID-strategi-pembelajaran-efektifberbasis-m.pdf

Nurjaman, A. I., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelaksanaan Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di SD. Pengembangan Multimedia Interaktif Pelaksanaan Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM Di SD, 5(3), 85–99.

Nurohimah, S., H. Wahyudin M.Kom, & M.Kom, P. (2014). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Fisika. 11, 1–10.

Plomp, T. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007, 129. doi:10.1097/ACM.0000000000000508.

Pribowo, F. S. P. (2020). Persepsi Guru SD Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Di Kelas. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 209–219. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4885/2820

Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195

Ramdhani, R. A. (2019). Pengembangan Media Mobil Bertenaga Pegas Berbasis STEM untuk Mencapai Kemampuan 4C di Sekolah Dasar. (Skripsi) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Sahara, F., & Adriana, R. (2016). Aplikasi E – Katalog Perpustakaan Berbasis Mobile. 7(1), 25–30.

Sujarweni, W. V. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Supriyono, H., Saputra, A. N., Sudarmillah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android, 8(2), 907–920. https://doi.org/10.26555/jifo.v8i2.a2057

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050

Widodo. (2018). Metodologi Penelitian Populer danPraktis. Depok : PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats