Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
Vol. 4 No. 5 (2021)
Vol. 4 No. 5 (2021)
Published:
2021-09-30
Articles
Aplikasi Android Pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Mozaik, Kolase, Dan Montase Di Kelas IV Sekolah Dasar
Arip Nurohmat,
Indonesia
Rosarina Giyartini,
Indonesia
Ahmad Mulyadiprana,
651-659
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.7784
PDF
ANALISIS KETERSEDIAAN DAN GAMBARAN MEDIA PEMBELAJARAN ISU PERUBAHAN IKLIM BERBASIS ESD DI SEKOLAH DASAR
Risma Nursofa,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
660-664
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.7799
PDF
Analisis Hasil Akreditasi Terhadap Sekolah Luar Biasa
Yusman Septiana,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
Ahmad Mulyadiprana,
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
Resa Respati,
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
665-672
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8029
PDF
ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA PADA MATERI PECAHAN SENILAI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Luthfi Ainun Nurani,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Epon Nur'aeni,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Ika Fitri Apriani,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Muhammad Rijal Wahid Muharram,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
673-683
DOI :
https://doi.org/10.22460/c.v4i5.7903
PDF
Penanaman Nilai Keimanan Dalam Pembelajaran Berbasis Film Nussa dan Rara di Sekolah Dasar
Tresna Qurotul Aeni,
universitas pendidikan indonesia kampus tasikmalaya, Indonesia
684-691
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8034
PDF
ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE BLENDED LEARNING DITINJAU DARI PERINGKAT DAN GENDER
Umar Umar,
Universitas Mataram, Indonesia
Andi Kaharuddin,
Universitas Lakidende Unaaha, Indonesia
Arif Widodo,
Universitas Mataram, Indonesia
692-703
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8055
PDF
Pengembangan bahan ajar elektronik flipbook dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah siswa kelas V di Sekolah Dasar
Zeni Rahma Dayanti,
Kampus pendidikan Insonesia, Indonesia
704-711
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8187
PDF
HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI DAN KARAKTERISTIK MEDIA VISUAL YANG DIHASILKAN CALON GURU
Mohammad Archi Maulyda,
Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
http://orcid.org/0000-0003-3199-1380
Ida Ermiana,
Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
Muhammad Erfan,
Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
Asri Fauzi,
Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
712-719
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8516
PDF
BAGAIMANA GURU MENGEVALUASI HASIL BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI?
Umar Umar,
Universitas Mataram, Indonesia
Arif Widodo,
Universitas Mataram,
http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
720-725
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8599
PDF
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN GAME ANDROID
Muhammad Erfan,
Universitas Mataram, Indonesia
http://orcid.org/0000-0002-3954-5871
Arif Widodo,
Universitas Mataram, Indonesia
http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
726-734
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8647
PDF
SURVEI KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR ONLINE DI ERA PANDEMI
Ashar Pajarungi Anar,
Universitas Mataram, Indonesia
Arif Widodo,
Universitas Mataram, Indonesia
http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
735-740
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8656
PDF
METODE GAMIFICATION SEBAGAI SOLUSI FENOMENA LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19: A Literatur Review
Ana Fauziyaturrosyidah,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
741-753
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8815
PDF
PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MASA PANDEMI COVID-19
Rini Indriyani,
Indonesia
Ruli Setiyadi,
IKIP Siliwangi,
754-763
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.5556
PDF
PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMAHAMI TEKS NON FIKSI DI KELAS 5 DALAM MASA PANDEMI COVID 19
Kinkin Karimah Nursyabani,
Sd Mutiara Bunda, Indonesia
Anugrah Ramadhan Firdaus,
IKIP SILIWANGI Cimahi,
764-771
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.5564
PDF
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS II
Endah Amalia,
Deri Fadhli Pratama,
772-778
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.5569
PDF
PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD IT MUTIARA PALABUHANRATU
Siti Apsoh,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
Anisa Alawiyyah,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
779-794
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8824
PDF
PENGEMBANGAN SIKAP ECOPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA SISTEM AQUAPONIK MELALUI PROJECT BASED LEARNING
Erni Nurjanah,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
Gilang Mas Ramadhan,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
Zenal Abidin,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
Rafdlal Saeful Bakhri,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
795-803
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8825
PDF
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR
Zenal Abidin,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
Gilang Mas Ramadhan,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
Rinda Kusniawati,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
804-811
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8826
PDF
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD
Mufidah Mufidah,
PGSD FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia
812-820
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8839
PDF
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SD KELAS V KOTA BANDUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI SIKLUS AIR
Silpia Susanti,
SDN 204 Cidadap,
Siti Ruqoyyah,
Ikip Siliwangi,
821-828
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.5784
PDF
Acredition
Accreditation Decree
No. 10/C/C3/DT.05.00/2025
Article Template 2025
ARTICLE TEMPLATE 2025
DOWNLOAD!