Pembelajaran daring materi bangun datar pada siswa sekolah dasar kelas II dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL)

Authors

  • Riska Andini PGSD IKIP SILIWANGI
  • Siti Ruqoyyah PGSD IKIP Siliwangi
  • Sylvia Rabbani PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.7816

Keywords:

Pembelajaran Daring, Bangun Datar, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon siswa dan guru, kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas dan kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring. Adanya wabah COVID-19 memberikan dampak pada pendidikan yaitu pembelajaran yang semula secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Semua pembelajaran dilaksanakan secara daring, salah satunya pembelajaran matematika mengenai bangun datar. Melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), siswa dapat membuat konsep bangun datar menjadi sesuatu yang konkret dan dapat digunakan untuk mengurangi kesulitan dalam pembelajaran secara daring sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, angket dan wawancara. Pencapaian dari penelitian ini menunjukkan hasil yang diharapkan. Respon siswa dan guru sangat baik serta hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Pemahaman materi bangun datar siswa lebih baik dibandingkan sebelum mendapat pembelajaran dengan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

References

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Anton, W., & Prihartono. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4210

Apriany, W., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/view/12308

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment terhadap Kreativitas Peserta Didik. 7(2), 145–150.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

CNN Indonesia. (2020). 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Faisal. (2017). Hidup Bersih dan Sehat : Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154–161.

Hastuti, D. I. (2012). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Purwantoro Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Sebelas Maret.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.

Imam, M. A. Al, Suripto, & Joharman. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Audio Visual tentang Bangun DatarDalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VSD Negeri 2 Bumirejo Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia, 4(6.1), 705–711.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan 2011, 29–38.

Kompas. (2020). Disdik DKI Jakarta: Pembelajaran Daring Siswa Harus Seperti Ini. https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/28/090611071/disdik-dki-jakarta-pembelajaran-daring-siswa-harus-seperti-ini

Malfani, W., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 703–717.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Rabbani, S., Tussa’adah, M. M., & Novriyanti, R. B. (2021). Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Media Ular Tangga Berkartu Di Masa Pandemic COVID-19 Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 46–57.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Ruqoyyah, S., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Altaftazani, D. H. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Barang Bekas Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 126–133.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142

Sinthiya, I. A. P. A., & Sobri, M. R. (2015). Rancangan Aplikasi Sistem Cerdas Pembelajaran Ilmu Bangun Datar SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ), 4, 19–25.

Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 541–552.

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNIP I], 377–384.

Winarni, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Peserta Didik Kelas II SDN 1 Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 56–63. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5090

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(3), 448–453.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles