ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA PADA MATERI PECAHAN SENILAI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/c.v4i5.7903Keywords:
Learning Obstacle, Pecahan SenilaiAbstract
References
Cesaria, A., & Herman, T. (2019). Learning Obstacle In Geometry. Journal of Engineering Science and Technology, 14(3), 1271–1280.
Cortina, J. L., Visnovska, J., & Zúñiga, C. (2014). Equipartition As a Didactical Obstacle in Fraction Instruction. Acta Didactica Universitatis Comenianae Mathematics, 14, 1–18.
Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of Primary School Students Aabout the Subject of Fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.11591/ijere.v8.i1.pp29-38
Edo, S. I. (2018). Jenis Kekeliruan Akibat Menghafal Prosedur Rutin Dalam Melakukan Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 223–232. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.278
Hermanto, R., & Santika, S. (2017). Eksplorasi Epistemological dan Didactical Obstacle serta Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Konsep Rarak. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 115–128. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/RED32/279
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri di Lihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.
Kusmanto, H., & Komariyah, S. (2012). Pengaruh Penguasaan Bilangan Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Segmen Garis (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2), 73–80.
Muharram, M.R.W., dkk. (2019). Analysis of Students' Critical Thinking Skill of Fractions on Primary School. J. Phys.: Conf. Ser. 1157 032119
Nur’aeni, E., Lidinillah, D. A. M., & Sakinatussa’adah, A. (2012). Model Disain Didaktis Pembagian Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 297–308.
Purnomo, Y. W. (2015). Pebelajaran Matematika untuk PGSD (O. M. Dwiasri (ed.)). Erlangga.
Rohmah, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428
Sari, E. A. P., Juniati, D., & Patahudin, S. M. (2012). Early Fractions Learning of 3 rd Grade Students in SD Laboratorium Unesa. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 3(1), 17–28.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
Suryana, Y., Pranata, O. H., & Apriani, I. F. (2012). Desain Didaktis Pengenalan Konsep Pecahan Sederhana pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 413–426.
Unaenah, E. (2017). Analisis Learning Obstacles Konsep Geometri pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Dosen Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 289–296.
Vioreza, N. (2018). Korelasi Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu. Jurnal Visipena Volume, 9(2), 330–341.