Pembelajaran daring materi perpindahan panas secara konduksi menggunakan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i3.8171Keywords:
Pembelajaran Daring, Pendekatan Saintifik, Video Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi, serta kesulitan yang dihadapi siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan panas secara konduksi menggunakan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 2 Ngamprah sebanyak 28 siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa serta soal tes pemahaman IPA. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan informasi, penyajian informasi dan penarikkan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung dengan baik selama 5 pertemuan dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran. Kesulitan yang terlihat adalah siswa kurang paham terhadap materi yang dipelajari dan kurangnya ketelitian siswa pada saat memahami maksud soal, sehingga siswa hanya mampu menyebutkan salah satu ilustrasi peristiwa perpindahan panas secara konduksi dan siswa hanya mampu untuk menuliskan contoh benda yang memanfaatkan sifat kondutor dan isolator tanpa menjelaskannya.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (Ed.). (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi:
CV Jejak.
Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Disekolah Dasar. Jurnal Ilmu pendidikan, 2(1), 55-61.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Mentari, R. (2017). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya Dan Pesawat Sederhana Kelas 5 Mi Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD . Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi-Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Putri, N. L. A. S., Manuaba, I. B. S., & Putra, I. K. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1), 1–11.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7, 7(2), 297-302.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda.(Ed.). (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Sitorus, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipadengan Pendekatan Saintifik Pada Siswakelas V Sd Negeri 164522 Tebing Tinggi. School Education Journal, 9(1), 70-77.
Suharti, Sumardi, Hanafi, M., & Hakim, L. (Ed.). (2020). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Suparsawan, I. K. (2020). Kolaborasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Stad: Geliatkan Peserta Didik. Bandung: Tata Akbar.
Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida, E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daringpada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12 (2).
Wardani, D. S. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sdn Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 03(4), 104–117.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan media pembelajaran video tutorial interaktif menggunakan aplikasi camtasia studio dan macromedia flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35-43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.