HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI DAN KARAKTERISTIK MEDIA VISUAL YANG DIHASILKAN CALON GURU

Mohammad Archi Maulyda, Ida Ermiana, Muhammad Erfan, Asri Fauzi

Abstract


Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran penting untuk keberlangsungan proses pembelajaran untuk meningkatkan berbagai kemampuan siswa. Pada penelitian ini jenis media yang dibahas adalah media visual dikarenakan lebih dari 50% responden lebih familiar dengan media visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang hubungan antara kemampuan literasi dan hasil media visual yang dibuat oleh calon guru SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru sekolah dasar sebanyak 100 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan memberikan angket kemampuan literasi dasar yang dibuat dengan googleform. Untuk melihat adanya hubungan kemampuan literasi dan karakteristik media visual maka digunakan uji korelasi dengan bantuan SPSS. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai Sig- (2-tailed) dari data tersebut sebesar 0,002 < 0,05. Artinya bahwa terdapat adanya hubungan kemampuan literasi dasar dengan hasil media pembelajaran visual yang dubuat oleh subjek. Selanjutnya dilihat dari nilai R sebesar 0,534 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel cukup kuat. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan literasi dapat mempengaruhi hasil media pembelajaran yang dihasilkan

Keywords


Kemampuan Literasi; Media Visual; Calon Guru

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Arifmiboy. (2019). Tadaluring Microteaching: An Effective Learning Model to Develop Basic Teaching Skills. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 25(1), 141–151. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i1.23157

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE.

Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–95.

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 1(3), 56–78.

Heitmann, P., Hecht, M., Scherer, R., & Schwanewedel, J. (2017). “Learning science is about facts and language learning is about being discursive”-An empirical investigation of students’ disciplinary beliefs in the context of argumentation. Frontiers in Psychology, 8(946), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00946

Inengsih, M., & Samad, A. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan kelas IV SDN 16 Sendoreng. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).

Luke, A., Elkins, J., Weir, K., Land, R., Carrington, V., Dole, S., Pendergast, D., Kapitzke, C., Kraayenoord, C. Van, Moni, K., Mcintosh, A., Mayer, D., Bahr, M., Hunter, L., Chadbourne, R., Bean, T., Alverman, D., & Stevens, L. (2014). A Report about Literacy and Numeracy. In Commonwealth Departement of Education Science & Training (Vol. 1, Issue August). The University of Queensland.

Meeks, L., Kemp, C., & Stephenson, J. (2014). Standards in literacy and numeracy: Contributing factors. Australian Journal of Teacher Education, 39(7), 106–139. https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n7.3

Oktasari, D., Kuswanto, H., Ismet, I., & M.S., S. (2018). The Technology Pedagogy Knowledge (TPK) Teacher Using Worksheet 3D Pageflip Professional for Promoting Argumentation Skills’ High-Schools Students in Physics Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.21009/1.04210

Peranti, P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOFIN (MONOPOLI FISIKA SAINS) PADA SISWA SMA KELAS X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.41-48

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49

Rajagukguk, W., & Simanjuntak, E. (2015). PROBLEM-BASED MATHEMATICS TEACHING KITS INTEGRATED WITH ICT TO IMPROVE STUDENTS’ CRITICAL THINKING ABILITY IN JUNIOR HIGH SCHOOLS IN MEDAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7342

Saputri, A., Sukirno, S., Kurniawan, H., & Probowasito, T. (2020). Developing Android Game-Based Learning Media “Go Accounting” in Accounting Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 91–99. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9998

Segers, E., Kleemans, T., & Verhoeven, L. (2015). Role of Parent Literacy and Numeracy Expectations and Activities in Predicting Early Numeracy Skills. Mathematical Thinking and Learning, 7(3), 1–18. https://doi.org/10.1080/10986065.2015.1016819

Sofiana, N. (2018). Developing cooperative integrated reading and composition-based role-playing game application as an alternative media in the reading learning. Journal on English as a Foreign Language, 8(2), 170–187. https://doi.org/10.23971/jefl.v8i2.887

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Sugiarti, Ln. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. . G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran ttw ( think talk write ) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri tahun ajaran 2013 / 2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Sulisworo, D., & Permprayoon, K. (2018). What is the Better Social Media for Mathematics Learning? A Case Study at A Rural School in Yogyakarta, Indonesia. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1), 39–56. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i1.7071

Tout, D. (2020). Evolution of adult numeracy from quantitative literacy to numeracy: Lessons learned from international assessments. International Review of Education, 23(3), 456–478. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09831-4

Ulfaeni, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA MONERGI (MONOPOLI ENERGI) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III SDN PEDURUNGAN KIDUL 02 SEMARANG. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 143–156. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990

Zheng, B., & Warschauer, M. (2015). Participation, interaction, and academic achievement in an online discussion environment. Computers and Education, 12(1), 14–34. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.01.008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats