Pembelajaran daring matematika materi pecahan kelas III sekolah dasar menggunakan model pembelajaran kontekstual

Authors

  • Wiwin Winingsih PGSD IKIP SILIWANGI
  • Duhita Savira Wardani PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.8625

Keywords:

Pecahan, Model Pembelajaran Kontekstual, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan mengimplemantasi pembelajaran online dirumah pada peserta didik SD akibad dari adanya pandemic Covid-19, dan dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran daring dimasa pandemi covid 19 khususnya pada pembelajaran daring matematika materi pecahan kelas 3 sekolah dasar menggunakan model pembelajaran kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Purwakarta yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Informasi penelitian berasal dari tanya jawab, daftar pertanyaan verifikasi ahli, daftar pertanyaan guru dan magang, dan tes kemampuan ekspresi matematis siswa. Para ahli percaya bahwa pembelajaran situasional dan pengembangan alat pembelajaran efektif, dan guru serta siswa menganggapnya praktis. Hasil uji survey menunjukkan bahwa siswa yang memakai CTL mempunyai nilai lebih dibanding yang tidak mendapatkan. Ada juga jawaban positif dalam matematika. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kondisi siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual rata-rata lebih baik daripada siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran kontekstual. Selain itu, ada reaksi positif terhadap matematika. Hasil pengkajian menunjukkan penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan buku ajar pecahan bisa meningkatnya kreatifitas belajar dan hasil belajar peserta didik.

References

Ambarwati, E. P., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1011–1022. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.343

Astini, N. (2020). P emanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat

Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Lampuhyang. 11(2), 13-25.

Astuti, R. (2017). Pendekatan Kontekstual Pada Pecahan Di Sd. Jurnal Kelitbangan Bappeda Pringsewu, 2(2), 61–74. http://jurnallibangpringsewu.com/index.php/jurnallitbang/article/view/27

Dan, K., & Permainan, M. (n.d.). PEMBELAJARAN PECAHAN DI KELAS III SD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN METODE PERMAINAN Oleh *Budiman. 1, 77–85.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dwi Pertiwi. (2016). No Title. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SDN PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu.13(3).

Kuraesin, D & Setiyadi, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Collase. 02(06), 252-257.

Kusmadewi, F R, DKK. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid 19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD). 1(1),7-13.

Pohan , Albert Efendi. (2020) . Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung.

Safaitri, A. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Asesmen Autentik. Tesis pada Sekolah Pasca Sarjana STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. tidak diterbitkan.

Sari, R DKK. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar selama Covid 19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(1).

Suarjana, I M, DKK(2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International journal of elementary education.1(2),103-114.

Suhada, I. I., & Rabbani, S. (2020). Pembelajaran Model Realistic Mathematics Education Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pecahan Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Collase, 03(05), 252–258

Titi, L., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19

Wardani, D. S. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sdn Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 03(4), 104–117.

Rabbani, S. (n.d.). Nasional dasar. PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCERMINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 2 SUNTENJAYA.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles