SURVEI KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR ONLINE DI ERA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8656Keywords:
kompetensi guru, media belajar online, pembelajaran jarak jauhAbstract
References
Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 198–209.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Aziza, N., Purnamasari, W., Aisyah, S., & Lindawati, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SD Menggunakan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 3(1), 7–11. Retrieved from http://journal.unublitar.ac.id/jppnu
Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113.
Kurniawan, B., Purnomo, A., & Idris. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236
Lo, C. K., & Hew, K. F. (2020). A comparison of flipped learning with gamification, traditional learning, and online independent study: the effects on students’ mathematics achievement and cognitive engagement. Interactive Learning Environments, 28(4), 464–481. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1541910
Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Sinaga, D., & Sinaga, S. I. P. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 873–880.
Suryarini, D. Y., Pratiwi, D. E., & Nuryasanah, E. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Daring dalam Pembelajaran Daring untuk Guru Sekolah Dasar di MI Unggulan Assa’adah Surabaya. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.
Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801