PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8839Keywords:
MFDAbstract
Tulisan ini menjelaskan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sabagai salah satu komponen pembelajaran yang dapat menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh di SDN Nggawia, melalui wawancara dengan Guru kelas IV yaitu terdapat permasalahan pada mata pelajaran matematika, yakni berkurangnya hasil belahar siswa dan model pembelajaran yang sesuai. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Nggawia, dengan menggunakan langkah-langkah yaitu 1) berpikir (think), 2) berpasangan (pair), and 3) berbagi (share). Ada kemungkinan sesudah tindakan dilaksanakan, diobservasi masalahnya belum terselesaikan atau tidak jadi lebih baik. Demikian dilakukan secara berulang (siklus) sampai masalah menjadi lebih baik atau terselesaikan. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Hasil penelitian akhir menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sangat layak di gunakan. Dan dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pratindakan, siklus 1 dan siklus 2. Dalam penggunaan model pembelajaran tipe think pair share sudah efektif dan layak digunakan pada pembelajaran matematika dan peneliti memberikan saran kepada guru agar mengembangkan model pembelajaran yang variatif agar pemahaman dan hasil belajar peserta didik dapat meningkatReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Arif Firmansyah (2013). Studi nilai-nilai pendidikan karakter sebagai aktualisasi penguatan budaya sekolah di SD Negeri Kota Palu. Jurnal Dikdas.Vol.2(1). 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Akina, 2017. Peningkatan hasil belajar matematika dengan model Kooperatif tipe think pair share di sekolah dasar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.vol 01 no 2.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIV). Margahayu Permai. Bandung.
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Depdiknas. Jakarta
Eka Putri, Yola, 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Lima Puluh. Universitas Riau. Riau
Faiz, Fahrudin. 2012. Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). SUKAPress UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Hamdayama, Jumata. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Hamiyah dan Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Malla, H. A. B., Herlina, H., & Misnah, M.(2018). Pengaruh model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar mata kuliah Filsafat Pendidikan. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 218-233
Ma’rifah. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten
Mufidah, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma Di Kelas VIII Smp Negeri 18 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.vol 04
Mufidah, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma Di Kelas V SD Negeri 10 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.vol 04
Rusdial, Marta. 2017. Peningkatan hasil belajar matematika dengan model kooperatif tipe Think Pair Share di sekolah dasar di SDN 007 Bangkinang Kota
Rizal, 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pkn Kelas v melalui metode diskusi di sdn no 1 loli dondo. jurnal media publikasi ilmiah prodi pgsd Tadulako.vol 02 no 1.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.
Suwangsih, Erna. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI. Bandung.
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta. Bandung.
Taniredja, Tukiran. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta. Bandung.
Taufik, Agus, dkk. 2008. Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta