PENGARUH LAYANAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 2 INDRALAYA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v8i3.27246Keywords:
Bullying, Classical Guidance ServiceAbstract
Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengkaji sampai sejauh mana layanan bimbingan klasikal mampu meningkatkan seberapa jauh pemahaman siswa terhadap perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain pra-eksperimental berupa one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling). Data dikumpulkan melalui instrumen berupa skala pemahaman mengenai bullying, dan kemudian dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan inferensial. Temuan menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa dari 116,10 pada saat pretest menjadi 132,95 pada saat posttest. Berdasarkan hasil uji statistik paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berada di bawah batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa terkait bullying di lingkungan SMA Negeri 2 Indralaya Utara.
References
Alfizar Parulian Manalu, D., Amanda Putri, T., Eka Putri, M., Gasa Nova, J., Dwi Sucipto, S., & Fajar Tanjung, R. (2024). Pelaksanaan Evaluasi Proses Dan Hasil Bimbingan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama. 3(2), 1–40. https://doi.org/10.69808
Amalia, W. A. (2024). Meningkatkan Kesadaran Terhadap Bullying melalui Layanan klasikal di Sekolah Pendidikan Menengah Artikel info Abstrak. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 3(3), 81–85. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v3i3-2411
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In Journal of Education Research (Vol. 2, Issue 3).
Bu’ulolo, S., Zagoto, F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bulying Di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 2 No. 1. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling
Dhamayanti, M. (2021). Bullying: Fenomena Gunung Es di Dunia Pendidikan (Vol. 23, Issue 1).
Fara, E. L. (2017). Bimbingan Klasikal yang aktif dan menyenangkan dalam layanan bimbingan dan konseling. Bandung: Rasibook.
Gultom, R., & Muis, T. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X IPS 2 Di SMA Hang Tuah 4 Surabaya (Vol. 38, Issue 2).
Marela, G., Wahab, A., Raymondalexas, C., & Marchira, . (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di kota Yogyakarta Verbal bullying can cause depression in high school adolescents in Yogyakarta city.
Nurita, D. (2018, July 23). Hari Anak Nasional, KPAI Catat Kasus Bullying Paling Banyak. Tempo. https://www.tempo.co/politik/hari-anak-nasional-kpai-catat-kasus-bullying-paling-banyak-879029
Prahardika, A. N. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa. 3(1).
Prihatin, L., Herry Nooryanto, F., Halim, A., & Kusumawati, S. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. https://www.google.co.id/maps/place/MA+ALA
Alfizar Parulian Manalu, D., Amanda Putri, T., Eka Putri, M., Gasa Nova, J., Dwi Sucipto, S., & Fajar Tanjung, R. (2024). Pelaksanaan Evaluasi Proses Dan Hasil Bimbingan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama. 3(2), 1–40. https://doi.org/10.69808
Amalia, W. A. (2024). Meningkatkan Kesadaran Terhadap Bullying melalui Layanan klasikal di Sekolah Pendidikan Menengah Artikel info Abstrak. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 3(3), 81–85. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v3i3-2411
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In Journal of Education Research (Vol. 2, Issue 3).
Bu’ulolo, S., Zagoto, F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bulying Di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 2 No. 1. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling
Dhamayanti, M. (2021). Bullying: Fenomena Gunung Es di Dunia Pendidikan (Vol. 23, Issue 1).
Fara, E. L. (2017). Bimbingan Klasikal yang aktif dan menyenangkan dalam layanan bimbingan dan konseling. Bandung: Rasibook.
Gultom, R., & Muis, T. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X IPS 2 Di SMA Hang Tuah 4 Surabaya (Vol. 38, Issue 2).
Marela, G., Wahab, A., Raymondalexas, C., & Marchira, . (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di kota Yogyakarta Verbal bullying can cause depression in high school adolescents in Yogyakarta city.
Nurita, D. (2018, July 23). Hari Anak Nasional, KPAI Catat Kasus Bullying Paling Banyak. Tempo. https://www.tempo.co/politik/hari-anak-nasional-kpai-catat-kasus-bullying-paling-banyak-879029
Prahardika, A. N. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa. 3(1).
Prihatin, L., Herry Nooryanto, F., Halim, A., & Kusumawati, S. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. https://www.google.co.id/maps/place/MA+ALA
Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020). Pencegahan Bulying Dalam Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru Di Sekolah.
Rozzaqyah, F., Fajar Tanjung, R., Sri Andriani, D., Bastoh Amarullah, I., & Assakdiah, A. (2024). Fenomena Bullying Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). https://doi.org/10.19109/nvzk1j27
Salmon, S., Turner, S., Taillieu, T., Fortier, J., & Afifi, T. O. (2018). Bullying victimization experiences among middle and high school adolescents: Traditional bullying, discriminatory harassment, and cybervictimization. Journal of Adolescence, 63, 29–40. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.12.005
SIMFONI-PPA. (2024). Persentase Kasus Kekerasan di Indonesia. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Soleman, F. (2021). Meminimalisir Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru. 07(03). https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1391-1400.2021
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888
Yulia Nugroho, M. (2023). Strategi Intervensi Konseling Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Menumbuhkan Pemahaman Akan Bahaya Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa SDN 3 Gunungwetan.
Yuwanto, L. (2019). Pengantar Metode Penelitian Eksperimen. Graha Ilmu.
Yuyarti. (2018). Mengatasi Bulying Melalui Pendidikan Karakter. In Jurnal Kreatif (Vol. 9, Issue 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.