PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v8i5.28864Kata Kunci:
Classical guidance, group discussion technique, learning interestAbstrak
Referensi
Afriani, N. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Teknik Diskusi Kelompok Pada Pelajaran Matematika di MTs Al Muddakir Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An Nur.
Machmud, E. Y., Hendriana, & Alawiyah (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Secara Daring melalui Teknik Diskusi Kelompok untuk Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Purwakarta. Fokus, 6(2).
Fatmawati, F. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IX C SMP Negeri 2 Windusari. Sicedu.
Anandarini, M. A. R. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Metode Diskusi Kelompok dalam Layanan Informasi pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 21 Batanghari. Universitas Jambi.
Putri, R. C. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi terhadap Minat Belajar. Skripsi, Universitas Raden Intan.
Annisa, M. A. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Diskusi terhadap Peningkatan Pemahaman Studi Lanjutan Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Bandar Lampung. Universitas Raden Intan.
Heung, Y. M. E., & kolega (2025). Systematic Review: Pengaruh ChatGPT terhadap Keterlibatan Siswa (engagement). ScienceDirect.
Wu, T., Tang, X., Wong, S., Chen, X., Shaffer, C. A., & Chen, Y. (2024). The Impact of Group Discussion and Formation on Student Performance: An Experience Report in a Large CS1 Course. arXiv, Agustus 2024.
Jacobson, S. A., Zhang, L., & Zhu, J. (2022). The Right Tool for the Job: Matching Active Learning Techniques to Learning Objectives. arXiv.
Scager, K., & kolega (2016; reprint relevance). Collaborative Learning in Higher Education: Evoking Effective Collaboration (terkini sebagai fondasi teori diskusi kelompok).