The Development of Microsoft Powerpoint-Assisted Worksheet to Increase Students’ Mathematical Problem Solving Ability
(1) IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(2) IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(3) IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(4) IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurakhman, O., & Rusli, R. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Didakti Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 33.
Adi Widodo, S., Turmudi, T., Afgani Dahlan, J., Istiqomah, I., & Saputro, H. (2018). Mathematical Comic Media for Problem Solving Skills. In International Conference on Advance & Scientific Innovation (pp. 101– 108).
Amalia, N., Darma, Y., &Wahyudi, W. (2020). Pengembangan Pop Up Book SMP berbasis Ideal Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II , 1(1), 389-398.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darma, Y., & Sujadi, I. (2014). Strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif dan investigasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas siswa madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 15(2).
Darwis, H.R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint melalui Metode Discovery
Terhadap Kemampuan Pemecahkan Masalah Mahasiswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2)., hal 565–580. Online : https://journal.stkip- andimatappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/780 {diakses tgl 10 Oktober 2021}
Dewi, S., & Simamora, R. (2022). Analisis Kecemasan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 368-378.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas. Febriyanti, C. (2015). Pengaruh Bentuk Umpan Balik dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajara Trigonometri. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
Ekadiarsi, A. N., & Khusna, H. (2022). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability in Linear Programs is reviewed based on the Learning Independence of High School Students. Prism, 11(1), 279. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2263
Elfia Sri Rahayu, Resti Naila. (2019). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability of Vocational High School Students in CIMAHI City on Linear Programming Material. Journal of Mathematical Innovation, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.35438/inomatics.v1i1.131
Febriyanti, C. (2015). Pengaruh Bentuk Umpan Balik dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajara Trigonometri. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
Intisari, I. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01).
Jannah, N. A. N., Muttaqin, A., & Novaliyosi, N. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DARING BERBANTUAN PLATFORM EDMODO PADA MATERI PERBANDINGAN. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 857-866.
Junaidi, MKP & Lutfianto, M. (2019). ‘Kemampuan Kognitif Siswa Mengerjakan Soal Pisa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer’, APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 11– 18.
Kasenda. M, Lorenzo, R. Sentinuwo, Steven dan Tulenan, Virginia. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. Manado. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), pp. 1–9. doi: 10.35793/jti.9.1.2016.14808.
Luthfiana, M., & Wahyuni, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 50-57.
Mahriady, R., Nurdalilah, N., & Harahap, A. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 51-54.
Mawardi, dkk. (2013). Pembelajaran Mikro.Banda Aceh: Al-Mumtaz Institute dan Instructional Development Center (IDC) LPTK, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: DIVAPress.
Priambodo, E., & Nuryanto, A. (2020). Pengembangan Materi Ajar Berbantuan Edmodo pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur untuk SMK. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 145–153.
Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(1), 27-33.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Taniredja, Tukiran dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Widodo, S. A., Darhim, D., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012004
Wijaya, J. E., & Vidianti, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Interaktif Pada Mata Kuliah Inovasi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 142-147.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jiml.v6i1.15344
Article Metrics
Abstract view : 115 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.