Enhancing Students’ Mathematical Critical Thinking Skills through STEM Learning on Junior High School
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v8i2.23894Keywords:
Mathematical Critical Thinking Skills , STEM Learning , Junior High SchoolAbstract
References
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65.
Farwati, R. (2021). STEM education dukung merdeka belajar (dilengkapi dengan contoh perangkat pembelajaran berbasis STEM). Dotplus publisher.
Hidayanti, D., As' ari, A. R., & Chandra, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas ix pada materi kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 276-285.
Hendriana, Heris., Rohaeti, Euis., Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Indriyanti, D., Bharata, H., Sutiaso, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 305–318.
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model inquiry learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515-2525.
Kurniawan, H., & Susanti, E. (2021). Pembelajaran Matematika dengan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic). Deepublish.
Mulyani, T. (2019). Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi revolusi industry 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 453-460).
Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi keterampilan hots dalam paud melalui pembelajaran steam. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 506-516).
Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002.
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: Systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149-160.
Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education, STEMmania. The Technology Teacher, 68(4), 20–27.
Setiawan, W. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dengan menggunakan model penemuan terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91-97.
Arif, D. S. F., Zaenuri, Z., & Cahyono, A. N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan google classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 323-328).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vii smp negeri 2 mataram ditinjau dari kemampuan akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64-70.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.