Implementation of Problem Based Learning using Interactive Media Canva and Quizziz to Improve Problem Solving Abilities of Vocational High School Students
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v8i3.27064Keywords:
Problem Solving Abilities , Problem Based Learning , Canva , Quizizz , Vocational High SchoolAbstract
References
Adhimah, O. K., & Ekawati, R. (2020). Perilaku pemecahan masalah siswa SMK dalam menyelesaikan masalah kombinatorika ditinjau dari kecemasan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 346-352.
Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149-1160.
Astuti, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMP. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 12-25.
Awaliah, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN NA IX-X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(3), 145-159.
Fahrunisa, A. (2022). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 45-58.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200.
Hidayat, R., & Sari, P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45-58.
Hidayat, R., & Susanto, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Problem-Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 67-80. Diakses dari https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/download/3814/3254/8148
Husna, A., Veronica, I., & Kurniasih, D. (2019). Implementasi Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Diakses dari https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/360/380/1277
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.
Mahdayani, R. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika, aljabar, statistika, dan geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86-98.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.
Muhajir, M., Sarwendah, A., & bin Ibrahim, A. (2024). Utilization of Canva for education to improve learning effectiveness of vocational students. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), 698-708.
Nurhayati, L., & Bernard, M. (2019). Kesulitan Siswa SMK dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Journal of Education (JONEDU).
Nugrahani, K., Purbosari, P., & Sularmi. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika melalui Media Quizizz. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 150-160.
Oktafrizal, O. F., Alim, J. A., & Sekarwinahyu, M. (2025). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Quizizz dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 169-183.
Putra, A. R., & Wijayanti, L. (2023). Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Proximal: Pendidikan Matematika, 7(2), 101-115.
Putri, A. P. & Setyawan, R. (2023). Efektivitas Infografis Berbasis Canva dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa di SMK. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(1), 89-102.
Putri, N. A., & Hidayat, R. (2022). Penerapan Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 8(3), 233-248.
Rahman, T., & Lestari, R. (2021). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 101-115.
Rahmawati, D. O., & Effendi, A. (2024). Model Problem-Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(3), 210-220.
Rizalenti, R. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning berbantu Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Representasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.