Improving Mathematical Problem Solving Skills and Self-Confidence of Junior High School Students Using A Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v8i3.27133Keywords:
Mathematical Problem Solving Skills , Self-Confidence , Problem-Based Learning , Juior High SchoolAbstract
References
Azura, D., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 267–281.
Budiarti, N. T. (2021). Literature Study of PBL (Problem Based Learning) Learning Models on Students’ Science Problem Solving. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(5), 82–87.
Chen, L., Yoshimatsu, N., Goda, Y., Okubo, F., Taniguchi, Y., Oi, M., Konomi, S., Shimada, A., Ogata, H., & Yamada, M. (2019). Direction of Collaborative Problem Solving-Based STEM Learning By Learning Analytics Approach. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14, 1–28.
Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. Inspiramatika, 8(1), 21–30.
Dewi, A. M. P., Mayasari, T., & Yusro, A. C. (2020). Analisis Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 936–950.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2).
Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono, M. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Problem Based Learning. Paradikma, 14(1), 39–51.
Hendriana, H. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik, Komunikasi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Laporan Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak Dipublikasikan.
Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52–60.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hikmah, B. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Laporan Penelitian Universitas Puangrimanggalung. Wajo: Tidak Dipublikasikan
Imelda, I., & Anzelina, D. (2019). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Higher Order Thingking Skills. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 11–19.
Jainuri, M. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah. Academia Edu, 1–7.
Kusuma, A. M., & Candramila, W. (2017). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(10).
Lasmita, L. (2019). Diagnosis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Prosiding Seminar Nasional USM, 2(1), 164–171.
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575.
Ma’wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631–640.
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Perkembangannya pada Remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 40–47.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 724–730.
Rudiya, H., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(1), 1–12.
Russeffendi, E. (2010). Dasar - Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57–61.
Siahaan, E., & Surya, E. (2020). Analisis Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pelajaran Matematika. Medan: Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA UNIMED.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung: Tidak Dipublikasikan.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Syaifatunnisa, I., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2015). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 3(4).
Tamsil, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kepercayaan Diri Siswa SMA melalui Pembelajaran Langsung - Tak langsung. Unpublished Theses at Post Graduate Study of STKIP Siliwangi, Bandung.
Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Ditinjau dari Kemampuan Akademik yang Berbeda di SMAN 1 Kayangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 549–555.
Utami, N., Fitriani, H., & Efendi, I. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VIII. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 783–790.
Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J., & Van Dooren, W. (2020). Word Problems in Mathematics Education: A survey. Zdm, 52, 1–16.
Wondo, M. T. S., & Meke, K. D. P. (2021). Analisis Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika menggunakan Model PBL Berbantuan Bahan Manipulatif. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–21.
Wulandari, N., & Damris, M. (2011). Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.