The Implementation of Canva-Assisted Flipped Classroom Model to Improve Mathematics Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v8i2.28248Keywords:
Mathematics Learning Outcomes , Flipped Classroom Model , CanvaAbstract
References
Adesta, A. and Khasanah, K. (2022). Hubungan antara peran orang tua dan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar matematika. Akademika, 11(02), 269-282. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2214
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1 (1).
Bahar, E. and Juhrianto, J. (2022). Pengaruh kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii sman 11 pinrang. Jurnal Nalar Pendidikan, 10(2), 119. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.39130
Cahyani, Y. and Sowanto, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran talking stick tehadap hasil belajar matematis siswa sma. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1), 1-12. https://doi.org/10.33627/sm.v5i1.554
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. new york: Routledge Taylor & Francis Group
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287-3295.
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13-20.
Khoirotunnisa, A., & Irhadtanto, B. 2019. Pengaruh model pembelajaran Flipped Classrom Tipe traditional Flipped terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 153-163. doi:10.29407/jmen.v5i2.13484
Liando, M. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (pmr) pada siswa kelas iv sd gmim malola. Edutik Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 193-204. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4443
Maryanti, I., Afifah, N., Nasution, I., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis pendekatan pembelajaran mengalami interaksi komunikasi dan refleksi (mikir). Jurnal Basicedu, 5(6), 6385-6400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1814
Sari, A. and Widiyawati, Y. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2b sd atisa dipamkara 1 melalui penggunaan alat peraga atau media nyata dalam materi pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(4), 484-493. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17934
Setyani, D. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui program pendalaman materi. Linear Journal of Mathematics Education, 3(2), 159-167. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.5745
Taha, R., Badu, S. Q., & Arsyad, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 147-154.
Wali, G., Winarko, W., & Murniasih, T. (2020). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(2), 164-173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran multimedia interaktif dengan model discovery learning. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(2), 103-108.
Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, R., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39-46.
Rindaningsih, I., Findawati, Y., Hastuti, W., & Fahyuni, E. (2021). Synchronous and asynchronous with flipped learning environment in primary school. Primaryedu - Journal of Primary Education, 5(1), 33. https://doi.org/10.22460/pej.v5i1.1883
Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi flipped classroom terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 139-150.
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). The Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap Hasil Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71-77.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.