EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY OF STUDENTS IN CLASS VIII-A SMP BPK PENABUR HOLIS BANDUNG IN MATERIALS OF GEOMETRY FLAT SIDE OF SOLID FIGURE THROUGH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION APPROACH
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v2i3.p140-151Keywords:
Mathematical Creative Thinking, Pyramid, Prism, Realistic Mathematics EducationAbstract
References
Anisa, Y. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Metode Improve. Cimahi: Tidak diterbitkan.
Fajriani, M. F. (2016). Pendekatan Model-Eliciting Activities untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Habits of mind Matematik Siswa SMP. STKIP Siliwangi.
Fitriyani, G. D. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Integral: Pendidikan Matematika, 8(2), 85–102.
Hadi, S., & Plomp, T. (2009). Standar PMRI untuk Penjaminan Mutu. Majalah PMRI, 7(2), 28–29.
Indriana, V., Arsyad, N., & Mulbar, U. (2015). Penerapan pendekatan pembelajaran POE (predict-observe-explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 51–62.
Riyanto, Y. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya Dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Sumarmo, U. (2012). Proses Berpikir Matematika. STKIP Siliwangi.
Supardi, U. S. (2012). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yamin, M. (2011). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.