Monopoly Game Media as an Effort to Improve Calculation Problem Solving Ability in Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v3i4.p199-207Keywords:
Learning Media, Monopoly, Calculating Problem SolvingAbstract
References
Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131
Dewi, Q. E., Sulasmono, B. S., & Setyaningsih, E. W. (2019). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA BANGUN KREASI KELAS IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.8
Dewi, Y. A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211–231. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830
Fardani, F. E., Ramdhani, A. T., Khasanah, A. N., Ramadhani, B. A., Ananda, M., Istiqomah, N. N., & Rinawati, S. (2018). MONOLIER (MONOPOLI 5R): INNOVATION OF MONOPOLY GAMES AS 5R LEARNING MEDIA FOR EARLY EDUCATION. Journal Of Vocational Health Studies, 2(1), 34–46. https://doi.org/10.20473/jvhs.V2.I1.2018.34-38
Fitriyawany, F. (2013). PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MAHASISWA FISIKA FAKULTAS TARBIYAHDENGAN KONSEP TATA SURYA. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 235–247. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.475
Herdani, T. P., Sartono, N., & Evriyani, D. (2018). Development of Modified Monopoly Game as a Learning Media On Endocrine System (Research and Development at Senior High School 1 Jakarta). BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 8(1), 20–28. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-1.3
Maulyda, M. A. (2018). Representasi Matematis Anak yang Berbakat di bidang Musik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika [Universitas Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/69262
Nur Afifah, D. S. (2018). Tingkat Kreativitas Siswa SD yang Memiliki Disposisi Matematis Rendah Dalam Memecahkan Masalah Matematika. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 71–81. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1570
Peranti, P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOFIN (MONOPOLI FISIKA SAINS) PADA SISWA SMA KELAS X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.41-48
Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49
Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21.
Sari, A. M., & Gunawan, I. (2018). Developing Physics Monopoly Game Learning Media for Light and Optical Devices. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 71–89. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2564
Tyaningsih, R. Y., Baidowi, & Maulyda, M. A. (2020). Integration of Character Education in Basic Mathematics Learning in the Digital Age. Atlantis Press, 465(Access 2019), 156–160.
Ulfaeni, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA MONERGI (MONOPOLI ENERGI) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III SDN PEDURUNGAN KIDUL 02 SEMARANG. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 143–156. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990
Utami, F., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA PAPAN JARING BAKU SISWA KELAS V. Jurnal Basicedu, 3(2), 326–335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10
Vingki, L., An’nur, S., & Salam, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 73–84. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i1.1049