Analysis of The Numerical Ability of Elementary School Students in Terms of The Introduction to Place Values of Numbers
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v4i4.p161-166Keywords:
Numerical ability, Place value, Elementary schoolAbstract
References
Afriyansyah, E. A., & Putri, R. I. I. (2014). Design Research: Konsep Nilai Tempat Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299
Efda, Y. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Nilai Tempat Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Maze Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIV/C. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 384–395. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe9670.64
Febrician, R., & Damri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Bilangan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 97–102.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, … Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode (1st ed.). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Lestarai, U. (2019). Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD [Learning Obstacle Analysis on Place Value Learning in Students Class II Elementary School]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 61–68.
Matitaputy, C. (2018). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266
Munthe, F. T. (2008). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Tentang Nilai Tempat. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 11–18. https://doi.org/10.21009/PIP.171.2
Novita, R., & Putra, M. (2017). Peran Desain Learning Trajectory Nilai Tempat Bilangan Berbantukan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Nilai Tempat Siswa Kelas II SD. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11(1), 43–56.
Pusdikjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika Di Kelas I SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.451
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan berfikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika ditinjau dari kemampuan number sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.11699
Susilo, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Menggunakan Media Gelas Warna Pada Peserta Didik Kelas I. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 103–108. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53794
Yusri, A. Y., & Sari, M. (2018). Profil Pemahaman Konsep Nilai Tempat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Pada Siswa Kelas III SDN 133 Takalala Soppeng. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 141–152. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.301