Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Enur Nurmawati SMPN 3 Cipatat

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22524

Keywords:

learning motivation, learning outcomes, problem-based learning model

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik model problem based learning (PBL) pada pembelajaran matemsatika materi Bilangan Bulat. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 32 orang. Hasil nilai pengetahuan, angket dan lembar observasi sebagai instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian dilakukan sejumlah dua siklus, setiap siklus untuk satu kali pertemuan, setiap siklus terdapat empat kegiatan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes penilaian pengetahuan, angket dan lembar pengamatan (observasi). Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Peningkatan motivasi  setiap siklusnya diperoleh dari data hasil angket yang diukur melalui lima indikator yaitu tekun mengerjakan tugas, minat belajar matematika, senang belajar matematika, berani berpendapat, dan bekerjasama dalam kelompok. Peningkatan hasil setiap siklusnya diperoleh dari data hasil tes penilaian pengetahuan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan-kesimpulan: (1) penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi bilangan bulat pada tiap siklusnya.; (2) penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi bilangan bulat.

References

Andiyani, A. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Membuat Surat Pribadi dengan Metode Drill Menggunakan Teknik “Tumis”(Trik Untuk Mengetik Surat) pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTtomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 DI SMK NEGERI I Indramayu. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 54-62.

Fimala, Y., & Firman, F. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 150–153.

Irsyad, F. M., & Fauzi, S. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tasikmalaya. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 15. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5989

Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 34-48.

Meri, M., Enawaty, E., Masriani, M., Muharini, R., & Ulfah, M. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21-33.

Pratiwi, A. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Operasi Penjumlaham dan Pengurangan Bentuk Aljabar Melalui Metode Pembelajaran PBL dengan Bantuan Vedio Pembelajaran di SMP Negeri 2 Tempeh Tahun Ajaran 2021/2022. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(2), 112-117.

Puspasari, A. E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 165-171.

Raikhani, R. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Aljabar (Katbar) Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di MTsN Mulawarman Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.

Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.

Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.33369/jkf

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49-55.

Published

2024-06-30

How to Cite

Nurmawati, E. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22524

Issue

Section

Articles