PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22907Kata Kunci:
berpikir kritis, model pembelajaran stemAbstrak
Abstrak
Perkembangan zaman menjadi faktor untuk meningkatkan kualitas individu. Pada abad ke-21 ini peserta didik harus memiliki life skill yang berguna bagi kehidupannya, salah satu keterampilan yang harus dimiliki yaitu kemampuan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan pada peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu model pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran STEM pada peserta didik kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Hasil analisis deskriptif menunjukan ada peningkatan nilai posttest dengan selisih rata-rata 33,33, kemudian uji hipotesis memperoleh nilai 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis secara signifikan dengan penggunaan model pembelajaran STEM hasil tersebut didukung dengan hasil uji N-Gain skor yang memperoleh nilai 55,78 yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran STEM di kelas VI Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Berpikir kritis, Model Pembelajaran STEM
Referensi
Afifah, A. N., Ilmiyanti, N., & Toto, T. (2019). Model project based learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Quangga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73–78.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2019). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2).
Agustina, R., Huda, I., & Nurmaliah, C. (2020). Implementasi pembelajaran STEM pada materi sistem reproduksi pertumbuhan dan hewan terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Education), 8(2), 24–32.
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441
Almulla, M. A. (2020). The effectiviness of the project-based learning (PjBL)-STEM approach as way to engage students learning. Sage Open, 10(3), 1–6.
Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pneididkan Universitas Sriwijaya, 4(1998). http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Ipportunity. National Science Teachers Association (NSTA) Press.
Damayanti, P., Firdaus, A. R., & Kelana, J. B. (2023). Penerapan Model Leaning By Doing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(4), 148-157.
Dewi, R. H., & Mayasari, T. H. (2017). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, Universitas PGRI Madiun.
Diana, N., & Turmudi. (2021). Kesiapan guru dalam mengemabangkan modul berbasis STEM untuk mendukung pembelajaran di abad 21. Edumatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/11720/11704
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 4(2).
Fitriyah, A., & Ramdani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kritis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 10(1), 209–226.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Halim, A. (2020). Signifikan Dan Implementasi Dalam Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Sunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal ST. Https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/285/684
Hasanah, zainatul, Pada, A. U., Safrida, Atika, W., & Mudatsir. (2021). Implementasi model problem based learning dipadu LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Education), 9(1), 65–72.
Kelana, J. B., Widodo, A., & Suwarma, I. R. (2024). STEM Learning: How Can Environmental Issues Stimulate Elementary School Students’ Problem-Solving Abilities?. In International Conference on Teaching, Learning and Technology (ICTLT 2023) (pp. 234-240). Atlantis Press.
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z
Mahanal, S. (2014). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Nasional Pendidikan HMPS, 1–16.
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaean Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27.
Muliawati, B. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM Dengan Model PBL Pada Materi Bakteri Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X. Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang.
Novitasari, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolag Dasar tentang Isu Sains Religius pada Materi Daur Hidup Hewan. Upi Repository Edu. https://repository.upi.edu/29999/
Pauziah, H. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolag Dasar. UPI Repository Edu. https://repository.upi.edu/77313/
Putri, D. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. UPI Repository Edu. https://repository.upi.edu/77954/
Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 9(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461
Rottherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21 st Century Skills: The Challenges Ahead. Teaching for the 21st Century, 67(1), 16–21.
Sari, D. P., Hasanah, D., & Barriyah, I. Q. (2023). Model Pembelajaran Berbasis STEAM Projek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. 15(2).
Setiawan, B., Pramulia, P, Wardani, I. S., Kusmanarti, D., & Juniarso, T. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Dan Pembelajaran Masyarakat, 1(1), 46–57.
Soros, P., Ponkham, K., & Ekkapins, S. (2017). The Result Of STEM Education Methods For Enhancin Critical Thinking And Problem Solving Skill In Physics The 10th Grade Level. International Conference for sience educators the teachers (ISET),.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Techonologhy, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 199–210.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Artikel Serupa
- Nina Vania, Wahyu Hidayat, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Paulina Sri Fajar Br. Aritonang, Rika Amelia, Rizky Afianto, Salsabila Amalia, Aflich Yusnita Fitrianna, Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Windi Triwahyuni, Jajang Bayu Kelana, Duhita Savira Wardani, Penggunaan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Evie Rahmawati, Latifah Latifah, Pemanfaatan Media Audiovisaul dan Quizizz pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 2 No 2 (2023): December
- Teti Suharyati, Hana Sakura Putu Arga, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 2 No 1 (2023): June
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Enur Nurmawati, MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 3 CIPATAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Ade Nira Susilawati, Jajang Bayu Kelana, Muhammad Ghiyats Ristiana, The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Febrianti Amini, Jajang Bayu Kelana, Ronny Mugara, Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.