Penggunaan Model Project Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25096Keywords:
project based learning, socio scientific issue, kemampuan berpikir kreatif, ipasAbstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran IPAS khususnya materi mengubah bentuk energi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, peningkatan dan Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan model Project Based Learning berbasis Socio Scientific Issue. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan yaitu tes, wawancara, obervasi, dan angket. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Kabandungan. Hasil pengolahan data menunjukan perolehan nilai rata-rata dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest yang sebelum penggunaan model Project Based Learning berbasis Socio Scientifiec Issue mendapat rata-rata 59,1 dan kelas posttest mendapat nilai rata-rata 77. Kesimpulan pada penelitian ini dapat diartikan bahwa Project Based Learning berbasis Socio Scientific Issue lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar
References
Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD melalui Project-Based Learning. EduHumaniora-Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125
Asri, A. (2019). Berpikir Kreatif: Proses Inovatif dalam Penciptaan Produk Baru. Jurnal Inovasi dan Kreativitas, 15(2), 120-130.
Haryanti, T., & Saputra, M. (2019). Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah. Jakarta: Penerbit Ilmu Pendidikan.
Nugraha, S. T. (2021). Does Students’ Demography Cause Heterogeneity of Students’ Mathematical Critical Thinking Abilities through Problem-Based Learning? A Meta-Analysis. Journal of Human University Natural Sciences. URL: http://www.jonuns.com/index.php/journal/article/view/687 Download: http://www.jonuns.com/index.php/journal/article/download/687/684
Nugraha, T., Fuadah, U. S., Amalina, A., & Karso, K. (2020). Aplikasi Discovery Learning Menggunakan TALER (Track a Learner Idea) untuk Mendeteksi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 9-17.
Nugraha, T., & Suparman, S. (2021). Heterogeneity of Indonesian Primary School Students’ Mathematical Critical Thinking Skills through Problem-Based Learning: A Meta-Analysis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315–328. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9645
Novitra, R. S., Fauziah, H. N., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Scrambler dengan Pendekatan Socio-Scientific terhadap Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Tadris IPA Indonesia, 354-363.
Sari, Ayu Mustika, Dadan Suryana, Alwen Bentri, & Ridwan Ridwan. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390
Sunarni, Sunarni, & Nova Monika. (2020). Pengenalan Education Fisheries pada Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Project-Based Learning. Jurnal Marine Kreatif, 3(1), 24–28. https://doi.org/10.35308/jmk.v3i1.2283
Sumilat, J. M., Ilam, D., Pangemanan, M. V., Mangantar, A. C. M., Mukuan, R. B., & Kumontoy, N. (2023). Analisis Implementasi Model PjBL (Project-Based Learning) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3980–3988. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6557
Supardi, S. U. S. (2018). Developing of Measurement of Independence Characteristic in Middle School Students Mathematics and Science. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 111–118. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2650
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.