Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25716Keywords:
berpikir kritis, problem based learning (pbl), penelitian tindakan kelasAbstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menguji penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta menggunakan sampel sebanyak 25 siswa di salah satu sekolah dasar kelas 5 kota Cimahi. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi, dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika dan deskripsi dengan validasi data dan pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat memecahkan persoalan melalui tes yang diberikan serta menunjukkan perilaku sebagai bentuk meningkatnya kemampuan berpikir kritis.
References
Amalia, N. F., Aini. L. N., Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1): 97-107, https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587.
Batubara, D. R., Alifya, A., Harahap, T. H. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Matematika Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Jurnal Mathematics Education Sigma, 3(1): 21-25.
Burhanuddin, T. R. (2010). Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Costa, A. L., Presseisen, B. Z. (1985). Glossary of Thinking Skill, in A.L. Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD.
Firdaus, F. Z., Suryanti., Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3): 681-689, https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417.
Halimah, S., Usman, H., Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6): 403-413, https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207.
Jurnal Basicedu, 7(1): 224-230, https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278. Rahmawati, H., Pujiastuti, P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar Di SD Se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1): 88-104, https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338.
Kartikasari, I., Nugroho, A., Muslim, A. H. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1): 44-56, https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124.
Kasbolah, K. (1999). Penelitian tindakan kelas (PTK). Malang: Depdikbud.
Maqbullah, S., Sumiati, T., Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Porlem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik, 13(2): 106-112.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nofziarni, A., Hadiyanto., Fitria, Y., Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4): 2016-2024, https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244.
Pinedo, A., Vossoughi, N., Lewis, N. A. (2021). Critical Pedagogy and Childrens’s Beneficial Development. Policy Insights form the Behavioral and Brain Sciences, 8(2): 183-191.
Rahmadana, J., Khawani, A., Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar.
Rusli, F., Ambarwati, L., Hakim, L. E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Meminimalkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Teorema, 8(1), 11-18, http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8250.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1): 92-98, https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulistianah, L., Taufik, M., Nurhasanah, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2): 373-385, https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6801.
Wardhani, I. G. A. K. (2007). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga.
Yampap, U., Bay, H. R. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1): 57-64, https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.