Peningkatan Literasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar di Era Artificial Intelligence: Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Berbasis AI

Penulis

  • Asep Samsudin
  • Jajang Bayu Kelana IKIP Siliwangi
  • Dinno Mulyono IKIP Siliwangi

Kata Kunci:

literasi digital, guru sekolah dasar, artificial intelligence, pelatihan, aplikasi pembelajaran

Abstrak

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru sekolah dasar untuk meningkatkan literasi digital, terutama dalam menghadapi era Artificial Intelligence (AI). Rendahnya pemahaman guru terhadap aplikasi berbasis AI dalam pembelajaran menjadi kendala dalam penyelenggaraan pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan aplikasi pembelajaran berbasis AI ke dalam proses belajar mengajar. Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu gugus sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat, melibatkan 45 orang guru. Kegiatan ini dilandasi oleh teori literasi digital (Ng, 2012), pedagogi digital (Selwyn, 2022), dan pembelajaran berbasis teknologi (Luckin et al., 2016). Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif dengan pendekatan workshop dan praktik langsung penggunaan ChatGPT, Quillionz, dan Canva AI. Evaluasi dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest serta kuesioner kepuasan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap konsep dan praktik penggunaan AI dalam pembelajaran. Program ini memberikan dampak positif dalam membangun kesiapan guru menghadapi pembelajaran abad ke-21. Kesimpulannya, pelatihan literasi digital berbasis AI efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru, sekaligus menjadi model pemberdayaan pendidik di era teknologi cerdas.

Unduhan

Diterbitkan

25-01-2025