PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA PIDATO PERSUASIF DI SMP NEGERI 2 BATUJAJAR
Keywords:
Mother tongue, Indonesian, persuasive speechAbstract
References
Cahyaningsih, S., & Wikanengsih, W. (2019). Upaya Peningkatan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Metode STAD pada Siswa SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2).
Chaer, A. (1990). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Rineka Cipta.
Fahrozi, I., & Diem, C. . (2005). Hubungan Antara Peranan Orang Tua, dan Minat Baca Siswa SLTP Negeri di Kecamatan Banyuasih 3 Kab. Banyuasih. Lingua, 6, 147.
Fatimah, F. N., Purnamasari, D., Pratiwi, D., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tuturan Pembawa Acara dan Bintang Tamu dalam Talk Show Hitam Putih yang Berjudul “Fenomena Kanjeng Dimasâ€. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 775-786.
Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasari, N., Andrianti, V., & Isnaini, H. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan pada Salah Satu Judul Berita “Isu Tka Digoreng Menjelang Pilpres†pada Surat Kabar Tribun Jabar Edisi 25 April 2018. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(4), 527-534.
Maleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustika, I. (2013). Mentradisikan Kesantunan Berbahasa: Upaya Membentuk Generasi Bangsa yang Berkarakter. Semantik, 2(1), 1-11.
Nugraha, E., Wawan, W., & San Fauziya, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahasa Sunda Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Masyarakat Kampung Balandongan Kabupaten Bandung Barat. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(3), 425-434.
Syafa, N., Rahmanianti, D., Triyani, N., & Ismayani, M. (2019). Analisis Perbandingan Pemerolehan Bahasa Anak Perempuan dan Laki-Laki Usia 2 Tahun pada Aspek Fonologi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 233-240.
Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Retrieved from PT. Remaja Rosdakarya
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720.