IMPLEMENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA SOAL BAHASA INDONESIA DISUSUN OLEH GURU KELAS VII SMP

Authors

  • Noorazhari Wulandari IKIP SILIWANGI
  • Ai Watinah
  • Wikanengsih Wikanengsih

Keywords:

HOTS (High Order Thinking Skill), soal Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh keingintahuan peneliti terhadap implementasi HOTS pada soal bahasa Indonesia kelas VII di SMP. Dari latar belakang penelitian tersebut, dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu bagaimanakah implementasi HOTS pada soal bahasa Indonesia? Kurikulum 2013 HOTS (High Order Thinking Skill) lebih diutamakan dalam proses pembelajaran, karena siswa dituntut aktif dan mandiri. Dengan demikian, seperti dikemukakan Bloom revisi yaitu C1 (Ingatan), C2 (Pemahaman), C3 (Penerapan/Aplikasi), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan yang terakhir C6 (Mencipta). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan atau mengimplementasikan penggunaan HOTS pada soal Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Cipeundeuy. Alasan dilakukannya penelitian ini, ingin mengetahui implementasi HOTS pada soal Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis stastik deskriptif. Peneliti berusaha mendeskripsikan HOTS (High Order Thinking Skill) pada soal  Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Cipeundeuy. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan 20 soal, terdiri atas 15 pg dan 5 uraian ada beberapa soal telah memenuhi kriteria HOTS.

Author Biographies

Ai Watinah

IKIP SILIWANGI

Wikanengsih Wikanengsih

IKIP ILIWANGI

References

Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Tresnayanti, P. I. (2017). Talking Stick Sebagai Inovasi Dalam Aktivitas Mengomunikasikan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 147-154.

Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02).

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47-54.

Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & San Fauziya, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 807-814.

Permatasari, D., & Wikanengsih, W. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata (Field Trip) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 821-828.

Saputra, D. Y., & Anshori, D. S. (2018, December). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Assure Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 941-950).

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Downloads

Published

2019-12-06